Saturday, October 1, 2022
spot_img
spot_img

Suka Mendaki Gunung? Tetap Jaga Shalat dengan Tayamum, Ini Caranya

Jakarta, Aktualiti.com – Perjalanan pendakian gunung merupakan aktifitas yang sudah ada sejak zaman dulu dan dikenal oleh manusia. Selain itu, tercatat dalam sejarah, bahwa para nabi juga melakukan aktivitas ini. Para nabi melakukan perjalanan pendakian gunung karena memiliki misi yang mulia. Seperti pendakian yang dilakukan oleh Nabi Musa AS ke lembah suci gunung Tursina dan Nabi Muhammad SAW yang melakukan pendakian bersama para sahabat ke gunung Uhud.

Di Indonesia sendiri perjalanan pendakian gunung sudah populer sejak lama, terlebih setelah munculnya film 5cm yang mengambil latar gunung Semeru. Selain itu populernya perjalanan pendakian gunung di Indonesia juga disebabkan oleh kondisi geografis Indonesia yang memiliki banyak gunung dengan fasilitas yang sudah cukup memadai.

Akan tetapi sebagai seorang yang beragama, perjalanan pendakian gunung hendaknya tidak mengurangi kualitas ibadah kita. Jangan sampai aktivitas ini menjadikan kita meninggalkan kewajiban kita dalam beribadah, meskipun kenyataan di lapangan, saat melakukan perjalanan pendakian seringkali kesulitan menemukan tanah yang landai untuk melakukan sholat serta air untuk bersuci.

Selain itu, tidak menutup kemungkinan juga apabila perjalanan pendakian gunung saat ini digunakan untuk menjadi sesuatu yang bernilai pahala. Bukan sekedar untuk melakukan hobi dan mencari kesenangan semata.

Terdapat beberapa amalan – amalan sunnah yang bisa dilakukan ketika melakukan perjalanan pendakian. Diantaranya adalah berwudhu dengan air mud dan berhemat dalam penggunaan air, tayammum, mengumandangkan adzan di gunung dan sholat berjamaah, menentukan arah kiblat, menjamak dan mengqashar shalat, shalat dengan menggunakan alas kaki, menyingkirkan gangguan di jalan, bertakbir ketika menanjak, bertasbih ketika turun, berdzikir ketika takjub melihat ciptaan Allah yang indah, serta melakukan amar ma’ruf nahi mungkar.

Apabila dalam perjalanan pendakian, para pendaki tidak menemukan air untuk berwudhu, maka disarankan untuk melakukan tayamum. Terdapat beberapa alasan tayamum diperbolehkan untuk bersuci saat di gunung.

Baca juga : Tiga Spot Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang Wajib Kamu Kunjungi – aktualiti

Dalam perjalanan pendakian, tentunya para pendaki akan kesulitan dalam menemukan sumber air. Selain itu, air yang biasanya dibawa oleh para pendaki memang dikhususkan untuk minum. Sehingga cara untuk bersuci bagi para pendaki dapat dilakukan dengan tayamum.

Selain itu, suhu udara yang dingin juga dapat menjadi alasan diperbolehkannya melakukan tayamum. Mengingat suhu udara di gunung sangat dingin, sehingga biasanya para pendaki tidak kuat untuk menyentuh air karena kedinginan.

Untuk tayamum sendiri, tata caranya adalah seperti berikut:

  1. Membaca Basmallah
  2. Niat bertayamum (Niat dalam hati melakukan tayamum karena Allah SWT).
  3. Menepukkan kedua tangan ke tanah, lalu menipiskannya dengan cara meniup-niup atau mengibaskannya.
  4. Mengusap-usap muka
  5. Mengusap kedua tangan hingga pergelangan tangan.
  6. Tertib (berurutan) namun tidak diwajibkan.
  7. Membaca doa seperti doa setelah selesai berwudhu.

Selain pemahaman mengenai bersuci saat melakukan perjalanan pendakian. Para pendaki yang beragama Islam pun harus tau mengenai tips melakukan sholat ketika di gunung.

Pendaki harus memiliki bekal mengenai sholat jama’ qashar. Agar para pendaki tidak buta mengenai kondisi – kondisi yang diperbolehkan untuk melakukannya, serta bagaimana tata caranya.

Pendaki disarankan menggunakan sepatu yang menutup hingga mata kaki. Hal tersebut berfungsi ketika pendaki akan bersuci jika sebelumnya dalam keadaan suci, maka tidak perlu lagi untuk melepas alas kakinya.

Terakhir, agar para pendaki yang beragama Islam tetap dapat menjaga ibadah. Agar melakukan perjalanan pendakian dengan teman yang masih menjaga sholat, tujuannya agar dapat saling mengingatkan.

Reporter: Masning Salamah

Editor : M Nur Habib

Sumber : Hobi Mendaki Gunung? Jangan Abaikan Ibadah Salat Wajib

Jangan Panik! Pendaki Gunung Bisa Beribadah dengan Lakukan Tayamum, Berikut tata Caranya.

7 Tips Sholat Ketika Mendaki Gunung

Tata Cara Tayamum Ketika Mendaki Gunung

13 Amalan Sunnah saat mendaki Gunung

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini