Tuesday, October 4, 2022
spot_img
spot_img

Tiga Spot Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang Wajib Kamu Kunjungi

Malang, Aktualiti.com – Taman Nasional Bromo Tengger Semeru merupakan taman nasional yang terletak di empat kawasan administratif, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Probolinggo. Ada 3 spot menarik yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan.

Kawasan taman nasional ini berfungsi sebagai tempat konservasi yang memiliki keindahan alam yang mempesona. Daya tarik utama taman nasional ini adalah Gunung Bromo dan Gunung Semeru. Selain itu, kawasan taman nasional ini sangat cocok untuk dikunjungi para wisatawan karena memiliki akses transportasi dan akomodasi yang mudah. Terdapat pula penjual kuliner dan kebutuhan pendakian yang memudahkan para wisatawan.

Terdapat beberapa lokasi wisata yang menarik untuk di kunjungi di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Tiga diantaranya adalah Bukit teletubbies, Penanjakan Satu Bromo, dan Gunung Semeru.

Bukit Teletubbies
Secara administratif Bukit Teletubbies terletak di Desa Sariwani, Kabupaten Probolinggo. Bukit teletubbies merupakan hamparan padang hijau yang luas, tepatnya di sisi sebelah tenggara dari kawah Bromo, yang berbentuk lereng gunung dengan perbukitan kecil – kecil. Tumbuhan yang mendominasi kawasan ini adalah tumbuhan jenis pakis, ilalang, hingga lavender. Dinamakan bukit teletubbies karena mirip seperti perbukitan yang ada di film teletubbies.

Di bukit teletubbies ini pengunjung bisa melakukan beberapa kegiatan, seperti mengejar sunrise, bersantai di atas bukit, berfoto, dan berkuda. Selain itu terdapat pula warung dan toilet yang disediakan untuk pengunjung yang ingin mengganjal lapar dan membuang hajat.

Penanjakan Satu Bromo
Penanjakan Satu Bromo merupakan salah satu lokasi yang berada di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, yang memiliki ketinggian 2.770 MDPL. Terletak di Desa Wonokitri Bromo, Pasuruan.
Penanjakan Satu Bromo memiliki pemandangan yang menakjubkan, terlebih jika cuaca bagus dan langit cerah, maka akan terlihat lautan kabut. Karena letaknya yang strategis, sehingga seringkali dijadikan salah satu tujuan utama para wisatawan.

Penanjakan Satu Bromo ini menjadi tempat yang tepat untuk melihat keindahan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, karena merupakan puncak tertinggi dengan spot terbaik untuk menyaksikan matahari terbit. Di lokasi ini terdapat banyak fasilitas yang digunakan pengunjung, seperti mushola, toilet, warung, hingga penjual cinderamata.

Gunung Semeru
Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di pulau Jawa, dengan ketinggian 3676MDPL, yang terletak di Kabupaten Malang dan Lumajang. Gunung ini sering dijadikan tempat tujuan para pendaki baik lokal maupun internasional. Karena di gunung ini terdapat banyak spot yang menarik.

Saat awal pendakian, para pendaki diwajibkan untuk melakukan registrasi di basecamp Ranu Pane. Pendaki juga akan diberikan briefing singkat terkait pendakian ke Gunung Semeru. Setelah melakukan perjalanan, pendaki akan bertemu dengan pos – pos pendakian sebelum sampai di Ranu Kumbolo. Di pos – pos tersebut terdapat warung yang menjual gorengan dan buah – buahan untuk mengganjal lapar.

Setelah sampai di Ranu Kumbolo, pendaki akan melihat sebuah danau yang indah dengan latar belakang dua bukit dan memiliki pemandangan sunset. Tempat ini biasanya digunakan pendaki untuk camping bermalam. Ranu Kumbolo juga menjadi objek utama yang menarik dari Gunung Semeru. Karena para pendaki lebih sering mendaki hanya sampai Ranu Kumbolo saja.

Apabila pendaki ingin melanjutkan pendakiannya hingga sampai puncak, maka akan melewati oro – oro ombo yang merupakan savana luas berisi ilalang dan tanaman lain. Melewati cemoro kandang yang berisi tanaman cemara dan jalannya mulai menanjak. Setelah melewati cemoro kandang, maka pengunjung akan melewati jambangan, yaitu sebuah tanah luas, terdapat beberapa tanaman, khususnya tanaman edelweis.

Sebelum menuju puncak, para pendaki biasanya bermalang di daerah kalimati, yang merupakan pos terakhir sebelum puncak. Pendaki biasanya melakukan perjalanan menuju puncak Mahameru sekitar jam 11 malam, agar mendapat view yang indah dan tidak terkena gas beracun dari kawah Jonggring Saloko, yang keluarnya saat siang hari.

Reporter: Masning Salamah

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini