Friday, October 7, 2022
spot_img
spot_img

Yuk, Kenali Kebiasaan Orang yang Hidupnya Bahagia!

Pepatah berkata, “Habit is power (kebiasaan adalah kekuatan)”. Betapa luar biasanya kekuatan kebiasaan. Lihat saja, hasil dari kebiasaan yang terlatih dapat membuat sesuatu yang terbilang ribet menjadi simpel dan apa yang tidak mungkin menjadi mungkin. Terlebih, kebiasaan tersebut akan mematenkan karakter seseorang.

Demikian pula untuk memperoleh kebahagiaan dalam hidup, kita membutuhkan karakter bahagia. Karakter bahagia hanya bisa dibentuk melalui kebiasaan-kebiasaan seperti fokus pada apa yang mereka bisa kontrol bukan apa yang tidak bisa mereka kontrol.

Baca Juga: 7 Tanda Kesehatan Mentalmu Sedang Tidak Baik-baik Saja

Ditambah, hasil penelitian juga menunjukkan 40 persen kebahagiaan seseorang berada di bawah kendali individu itu sendiri. Sedangkan sisanya ditentukan oleh faktor genetik maupun lingkungan di mana dia berada.

Namun demikian, orang yang sedang berbahagia bukan berarti tidak menghadapi masalah. Bagi mereka, agar memperoleh kebahagiaan, mindset yang baik perlu ditanamkan dalam diri. Yuk, kenali kebiasaan yang harus dilakukan agar hidup lebih bahagia, antara lain:

Banyak Bersyukur

Acap kali, terlalu memperdulikan persepsi orang lain cenderung membuat seseorang lupa apa yang telah dimilikinya. Sehingga, sering kali ia menyalahkan keadaan.

Beda halnya, orang yang banyak bersyukur lebih fokus mementingkan apa yang sudah dimilikinya. Bagi mereka, mendapatkan pengakuan dari orang lain lebih baik daripada mengemis pengakuan itu sendiri.

Sedikit Bicara

Orang yang banyak berbicara biasanya adalah orang yang selalu ingin diakui cerdas dan intelektual oleh orang lain. Berbeda dengan orang yang bahagia secara hakiki, ia akan berbicara seperlunya tanpa perlu menambahkan sebuah kebohongan.

Selalu belajar

Belajar adalah pekerjaan yang wajib bagi setiap manusia. Mengapa tidak? Karena dengan tahu segala hal, ia akan merasa bahagia, mengingat perkembangan zaman sangat cepat berubah. Tidak menyesuaikan diri sama saja dengan bunuh diri.

Menolong Orang Lain

Beberapa penelitian menunjukkan, membantu orang lain dapat mendorong perubahan fisiologis di otak yang terkait dengan kebahagiaan. Rasa kebahagiaan yang meningkat itu berkaitan dari kegiatan fisik yang kamu lakukan, baik dalam acara charity, kegiatan sosial atau hal lainnya.

Tertawa Sehat

Rata-rata orang beranggapan tertawa itu salah satu ciri kebahagiaan. Memang, penelitian pun membuktikan bahwa orang yang sering tertawa cenderung lebih bahagia. Terlebih tertawa itu gratis. Maka, tidak ada salahnya tertawa untuk melepaskan jenuh dalam kehidupan.

Namun demikian, tertawa yang sehat bukan tertawanya orang gila atau yang menertawakan orang lain. Menertawakan orang lain seakan-akan mendapatkan kemenangan, itu bukanlah kebahagiaan yang hakiki.

Mengabaikan Drama

Apa jadinya jika hidup kebanyakan drama? Ya, pasti hal itu sangat memuakkan, apalagi jika drama tersebut merugikan banyak pihak termasuk diri sendiri.
Nah orang yang sejatinya bahagia adalah orang yang menghindari dirinya terlibat dalam suatu drama. Baik itu dalam lingkup pertemanan, pekerjaan, maupun keluarga.

Sulit bahagia? Coba pancing saja dengan baca aktualiti. Nah, itulah 6 kebiasaan orang yang hidupnya bahagia. Apakah kamu termasuk di dalamnya?

Reporter: Luthfi Ahmad Rosyidin
Editor: Royhan Zein

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini