Wednesday, November 30, 2022
spot_img
spot_img

235 Paus Pilot Terdampar Massal di Australia, 35 di Antaranya Mati

Tasmania, Aktualiti.com – Sekitar 200 paus telah mati dan hanya 35 paus tetap hidup setelah terdampar massal di Australia.

Paus Pilot sekitar 235 ditemukan terdampar di sepanjang pantai Tasmania, Australia dikabarkan melalui CNN, Kamis (22/9/22) waktu setempat. Paus Pilot yang mati berjumlah 200 ekor, sedangkan paus yang masih hidup sekitar 35 ekor. Upaya penyelamatan sedang berlangsung untuk menyelamatkan paus yang tersisa.

“Kami fokus pagi ini untuk benar-benar masuk ke operasi penyelamatan dan melepaskan paus yang masih hidup,” kata Brendon Clark dari Tasmania Parks and Wildlife service.

“Ada beberapa dari mereka (paus) mungkin kembali ke pantai sendiri dan kami akan memantaunya,” ujar Brendon.

Baca juga : Hewan Terkena PMK Dimusnahkan, Pemerintah Siapkan Biaya Ganti

Kejadian ini merupakan kedua kalinya di Tasmania selama seminggu terakhir. Lebih dari selusin paus sperma, mayoritas jantan muda dan diyakini sebagian lagi dari polong bujangan yang sama, ditemukan mati di pantai lain.

Paus yang terdampar itu bisa jadi telah disesatkan oleh individu yang tidak sehat dalam kelompok, terlempar oleh sesuatu di daerah itu, atau hanya dikejutkan oleh sesuatu di dalam air.

Hal itu bisa terjadi karena paus pilot dikenal hewan sosial. Biasanya mereka bergerak dalam kelompok hingga sekitar 50 ekor. Akan tetapi, kelompok yang berjumlah hingga ratusan tidak pernah terjadi sebelumnya.

Ilmuwan satwa liar spesialis mamalia laut di Macquarie University, Vanessa Pirotta, menjelaskan penyebab dari paus terdampar tersebut masih belum diketahui secara pasti.

Reporter: Dwi Kurnia

Editor : Ahmad Widyarma

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
9FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini