Friday, September 30, 2022
spot_img
spot_img

Antisipasi Perubahan Iklim, RI-Inggris Sepakati Kerjasama Transportasi Rendah Karbon

Jakarta, Aktualiti.com – Pemerintah Indonesia bersama Pemerintah Inggris sepakat jalani kerjasama pengembangan transportasi rendah emisi untuk antisipasi perubahan iklim. Kesepakatan tersebut tertuang dalam program Future Cities: UK-Indonesia Low Carbon Partnership”.

Pemerintah Inggris memberikan bantuan pendanaan sebesar 9 juta poundsterling atau setara Rp 162 miliar.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Kemenhub Hendro Sugiatno mengatakan, dampak dari kerja sama ini di antaranya adalah pertumbuhan ekonomi dan meminimalisir dampak perubahan iklim.

“Melalui program ini kami percaya bahwa upaya peningkatan kualitas mobilitas sebagai pendukung pertumbuhan ekonomi dan penanganan dampak perubahan iklim harus sejalan,” kata Hendro saat memberikan sambutan dalam penandatanganan kerja sama di The Westin Hotel, Jakarta Selatan, Selasa (5/7/2022).

Selain itu, melalui program tersebut juga diharapkan dapat membantu dalam perkembangan sistem transportasi perkotaan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Melalui Kementrian Perhubungan, kerja sama ini ditopang dengan pembangunan sistem angkutan umum perkotaan. Hal itu diaplikasikan dalam bentuk bus rapid transit, sektor kereta api, fasilitas umum terintegrasi dan pelaksanaan peraturan presiden mengenai angkutan umum berbahan bakar listrik.

Baca juga : Jokowi Ajak Negara G7 Investasi Energi Bersih hingga Mobil Listrik di Indonesia

“Kami berharap melalui program ini upaya tersebut dapat lebih terukur, terstruktur, terakselerasi sehingga Kemenhub serta kota-kota yang terlibat di dalam program program menjadi lebih handal dalam melakukan perencanaan dan pelaksanaan sistem transportasi yang berkelanjutan,” ujarnya.

Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins menyatakan kebanggaannya atas pengumuman peluncuran program kota masa depan ini.

“Berarti mulai hari ini kami memiliki portofolio proyek baru untuk berkolaborasi erat dengan Indonesia dalam meningkatkan transportasi perkotaan sambil mengatasi perubahan iklim,” kata Owen saat memberikan sambutan kerja sama di The Westin Hotel, Jakarta Selatan, Selasa (5/7/2022).

Lebih lanjut, Owen memastikan kerjasama antara Indonesia dan Inggris ini bisa mewujudkan percepatan Indonesia dalam memiliki transportasi yang ramah lingkungan.

“Indonesia dan Inggris dapat belajar dari satu sama lain saat kami masing-masing bermitra untuk mengembangkan infrastruktur dan perencanaan transportasi kami,” tutur Owen.

Dalam pelaksanaannya, program ini pengembangan transportasi perkotaan yang ramah lingkungan dimulai dari sejumlah provinsi di Indonesia, yakni Sumatera Utara, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan.

Kerjasama ini akan mengembangkan peta jalan elektrifikasi kendaraan umum secara efisien. Selain itu pengintegrasian solusi ramah iklim ke dalam perencanaan pembangunan nasional dan daerah, serta perancangan proyek transportasi rendah karbon yang mampu menarik investasi.

Editor : Mochamad Nur Habib

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini