Friday, October 7, 2022
spot_img
spot_img

Arab Saudi Ikut Beli Minyak Rusia

Riyadh, Aktualiti.com – Raksasa minyak dunia, Arab Saudi juga ikut membeli minyak dari Rusia.

Sepanjang Juli 2022, Riyadh membeli sampai 76.000 barel BBM per hari dari Moskwa. Arab Saudi membayar rata-rata 135 juta dollar AS per bulan ke Rusia. Riyadh juga menanamkan modal di sejumlah perusahaan minyak Moskwa.

Mengutip dari Kompas.id pada Selasa (20/9/22), Arab Saudi membeli bahan bakar minyak (BBM) dari Rusia. Arab Saudi membeli rata-rata 50.000 barel per hari dari Rusia, bahkan sepanjang Juli 2022, Riyadh membeli BBM sampai 76.000 barel per hari dari Moskwa. Riyadh tidak membeli minyak mentah dari Moskwa.

Baca juga : Tunjukkan Indepedensi, Arab Saudi Abaikan Permintaan Joe Biden

Seperti halnya kepada China dan India, Rusia memberikan diskon untuk Arab Saudi. Oleh karena itu, lebih untung Arab Saudi untuk menjual minyaknya dan membeli BBM dari Rusia. Hampir seluruh BBM Rusia dibeli Arab Saudi untuk mengoperasikan pembangkit listriknya. Sehingga, Arab Saudi bisa menjual BBM dan minyak mentahnya ke negara lain.

Dengan asumsi harga rata-rata 90 dollar AS per barel, Riyadh membayar rata-rata 4,5 juta dollar AS per hari ke Rusia. Total Arab Saudi membayar rata-rata 135 juta dollar AS per bulan ke Rusia.

Tidak hanya membeli BBM, Arab Saudi juga menginvestasikan uang ke industri minyak rusia. Kingdom Holding Company (KHC), perusahaan investasi Arab Saudi yang dipegang Pangeran Waleed bin Talal,- ponakan Raja Salman bin Abdulaziz dengan investasi senilai 526 juta dollar AS ke Gazprom, Rosneft dan Lukoil.

Public Investment Fund merupakan lembaga investasi milik Pemerintah Arab Saudi dan dikendalikan PangeranM ohammed bin Salman (MBS), mempunyai 16,87 persen saham KHC. Sampai sekarang, Putra Mahkota Arab Saudi itu tidak ikut mengecam Rusia mulai perang Rusia-Ukraina meletus.

Reporter: Dwi Kurnia

Editor : Ahmad Widyarma

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini