Friday, September 30, 2022
spot_img
spot_img

Belanja di 4 Negara Ini Cukup Scan QRIS dan Tidak Perlu Tukar Uang Lagi, Bagaimana Caranya?

Jakarta, Aktualiti.com – Kabar bahagia bagi warga Indonesia dan empat negara lainnya. Sekarang masyarakat Indonesia jika berkunjung di empat negara seperti, Singapura, Malaysia, Thailand, dan Filipina tidak perlu menukarkan uang Rupiah lagi untuk berbelanja atau melakukan pembayaran di negara yang dikunjungi.

Hal tersebut berlaku juga bagi warga Singapura, Thailand, Malaysia, dan Filipina apabila bertandang.

Turis-turis yang bersal dari 4 negara tersebut, begitu juga warga Indonesia dapat melakukan transaksi hanya dengan men-scan barcode di merchant-merchant di negara yang dikunjungi.

Akan tetapi perlu diingat, penerapan QRIS antar negara baru bisa dilakukan di Thailand. Untuk Singapura, Malaysia dan Filipina masih dalam tahapan uji coba atau inisiasi.

Dilansir dari liputan6.com, saat ini ada 8 aplikasi yang bisa melakukan scan QR di Thailand yaitu; Bank Central Asia (BCA), Bank Syariah Indonesia (BSI), Bank Sinarmas, Bank Mega, Bank Permata, Bank BPD Bali, dan DANA.

Sementara aplikasi Thailand yang bisa dipakai untuk scan QR di merchant Indonesia yaitu Bangkok Bank, Krungsri (Bank of Ayudhya), dan CIMB Thailand. Per September nanti, direncanakan akan ada 5 penambahan aplikasi.

Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran (DKSP) Bank Indonesia, Filianingsih Hendarta menyampaikan bahwa saat seseorang melakukan pembayaran dengan men-scan QR code, saldo yang akan terpotong langsung menyesuaikan kurs mata uang lokal.

“Yang didebet sumber dana rupiah, dari situ keluar kursnya menyesuaikan mata uang lokal,” ungkapnya dikutip dari liputan6.com.

Fili pun tidak menampik akan ada fee saat melakukan scan barcode. Hanya saja ia menjamin biaya tersebut jauh lebih murah dibandingkan jika seseorang bertransaksi menggunakan kartu debet ataupun kredit. Dan dalam iklim perbankan, hal itu merupakan lumrah.

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini