Friday, October 7, 2022
spot_img
spot_img

Joe Biden Cairkan Dana USD900 Juta untuk Kendaraan Listrik

Michigan, Aktualiti.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengumumkan persetujuan dana sejumlah USD900 juta pertama untuk pengisi daya bagi kendaraan listrik (EV) di 35 negara bagian.

Presiden Joe Biden mengunjungi pameran otomotif North American International Auto Show di Detroit, Michigan, Rabu (15/9/22) waktu setempat. Ia mulai menggambar-gemborkan investasi pemerintahannya dalam kendaraan listrik (EV), termasuk pendanaannya.

“Hari ini, saya senang mengumumkan bahwa kami menyetujui pendanaan untuk 35 negara bagian pertama, termasuk Michigan, untuk membangun infrastruktur pengisian listrik mereka sendiri di seluruh negara bagian mereka.” kata Presiden Joe Biden dalam pidatonya yang dikutip CNN.com

Dia menyetujui pencairan dana sebesar 900 juta US$ pertama untuk membangun pengisi daya listrik bagi kendaraan listrik di 35 negara bagian. Langkah ini merupakan bagian dari semangat pemerintahannya yang menargetkan jumlah mobil listrik yang terjual mencapai 50 persen dari total penjualan mobil di AS pada tahun 2030.

Baca juga : Joe Biden Hingga Jerome Powell Bantah AS Terperosok ke Jurang Resesi

“Perjalanan darat Amerika yang hebat akan sepenuhnya dialiri listrik, apakah Anda mengemudi dari pantai ke pantai di sepanjang I-10 atau dengan I-75 di sini di Michigan?,” tambah Joe Biden. “Stasiun pengisian daya akan aktif dan mudah ditemukan seperti pompa bensin sekarang.”

Pendanaan tersebut merupakan bagian dari 7,5 miliar US$ yang dialokasikan sesuai dengan Undang-Undang Prasarana Bipartisan 2021 untuk membangun jaringan nasional yang terdiri dari setengah juta stasiun pengisi daya untuk mobil listrik.

Didalam undang-undang tersebut juga menyisihkan dana sejumlah 7 miliar US$ untuk memastikan rantai pasokan terhadap produk mineral yang penting untuk memproduksi baterai EV, dan 10 miliar US$ untuk angkutan umum dan bus yang ramah lingkungan.

Selama tur pameran mobil, Presiden Joe Biden berada di belakang kemudi beberapa mobil seperti Corvette ZO6 Oranye, Silverado EV, F150 Lightning dan Jeep Grand Cherokee 4xe 30th Anniversary Edition. Ia juga sempat – dan perlahan – mengendarai Cadillac Lyriq listrik menuruni karpet biru di pameran mobil dengan seorang agen Secret Service duduk di kursi penumpang.

Reporter: Dwi Kurnia

Editor : Ahmad Widyarma

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini