Friday, September 30, 2022
spot_img
spot_img

Jokowi Bangga, Indonesia Dijadikan Negara Pertama yang Dikunjungi PM Australia

Jakarta, Aktualiti.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kenegaraan Perdana Menteri (PM) Australia, Anthony Albanese, di Istana Kepresidenan Bogor, pada Senin (06/06/2022).

Kunjungan ini merupakan kali pertama yang dilakukan Anthony Albanese semenjak dilantik menjadi PM Australia, pada (23/05/2022). Atas dasar itu, Jokowi tidak segan memberi hormat dan merasa bangga.

“Merupakan kehormatan bagi saya menerima kunjungan Perdana Menteri Australia yang baru, Bapak Anthony Albanese beserta delegasi,” kata Jokowi dalam keterangan pers.

“Saya bergembira bahwa Indonesia menjadi tujuan yang pertama, kunjungan bilateral Perdana Menteri Albanese, setelah dua minggu yang lalu dilantik sebagai Perdana Menteri Australia ke-31,” lanjutnya.

Jokowi mengatakan hal ini menunjukkan kedekatan antara pemerintah dan masyarakat antara kedua negara.

Dia menegaskan bahwa Perdana Menteri Albanese sudah lama dikenal sebelum menjadi perdana menteri.

“Perdana Menteri Albanese bukan orang baru bagi saya, kita pernah bertemu di tahun 2020,” ujar Jokowi.

Dia juga menambahkan kunjungan ini bukan kali pertama bagi Anthony Albanese.

“Indonesia juga menjadi negara pertama yang dikunjungi pada saat beliau terpilih sebagai ketua oposisi di tahun 2019,” ucapnya.

Bahkan, Jokowi tidak segan bercerita bahwa Jumat lalu sempat melakukan pembicaraan dengan Albanese melalui sambungan telepon.

Jokowi menuturkan, hubungan Indonesia dengan Australia memiliki modal pondasi yang kuat.

“Indonesia dan Australia telah memiliki dua pondasi kuat dalam hubungan bilateral, yaitu kemitraan strategis komprehensif yang dimiliki sejak 2018 dan Indonesia Australia-CEPA yang sudah mulai berlaku di tahun 2020,” ungkap Jokowi.

“Dua pondasi ini sangat penting bagi kedua negara untuk terus memperkokoh kerjasama bilateral yang saling menguntungkan,” pungkas Jokowi.

 

Reporter: Fikri Hadiansyah
Editor: Fikri Hadiansyah

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini