Saturday, October 1, 2022
spot_img
spot_img

Kematian Mahsa Amini Viral di Twitter, Ini Kronologinya

Teheran, Aktualiti.com – Unjuk rasa memprotes kematian Mahsa Amini masih berlanjut hingga Senin kemarin. Tagar #MahsaAmini viral di Twitter Iran, menyusul kemarahan warga Iran atas kematian Amini saat dalam pemeriksaan oleh kepolisian bidang moral yang memberlakukan aturan hijab dengan ketat.

Kasus kematian Mahsa Amini menjadi sorotan aktivis perempuan di Iran. Kabarnya kepolisian bidang moral memukuli hingga koma. Namun, Kepolisian tersebut menolak tuduhan yang beredar di media sosial kalu Amini dipukuli.

Mahsa Amini (22), meninggal pada Jum’at, 16 September 2022. Seperti yang dikutip IrenWire, Amini bersama keluarganya sedang berlibur ke Ibu Kota. Pukul 06.30 waktu setempat dia bersama dengan saudara laki-lakinya berada di pintu masuk ke jalan Tol Shahid Haghani ketika sebuah van patroli moralitas menghalangi jalan mereka.

Baca juga : Mengungkap Motif Bjorka, Hacker yang Membobol Situs Pemerintah hingga Data Presiden Jokowi

Polisi tersebut meraih Amini dan memaksanya masuk. Kakaknya, Kiarash, mencoba turun tangan tetapi lengannya terpelintik di belakang punggungnya. Setelah ia melespakan diri, mereka mengatakan Amini akan dibebaskan setelah satu jam pemeriksaan.

Setelah sampai ke tempat pemeriksaan, apa yang terjadi berbeda. Terdapat kerusuhan. Perempuan yang berasal dari Saghez, Kurdistan, Iran itu dilarikan ke Rumah Sakit, Kasra.

Dikabarkan bahwa Amini dalam keadaan koma, dokter mengatakan dia menderita serangan jantung dan stroke. Meskipun jantungnya terus berdetak, otaknya tidak lagi berfungsi.

“Wajah Mahsa bengkak, dan kakinya memar. Saya tidak rugi apa-apa lagi sekarang. Saya diikuti oleh polisi di lantai dasar gedung ini dan saudara perempuan saya terbaring disana,” ujar Kiarash

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini