Saturday, October 1, 2022
spot_img
spot_img

KTT ASEAN-AS, Momentum Jokowi Tunjukkan Daya Tawar

Washington, Aktualiti.com –¬†Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan menghadiri forum Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-AS pada 11-13 Mei 2022 di Washington DC, Amerika Serikat. Forum ini dinilai penting bagi Indonesia menunjukkan daya tawar untuk menghasilkan kerja sama yang dapat berkontribusi bagi perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran regional.

Kemampuan diplomasi Presiden Jokowi akan diuji untuk dapat memberikan solusi yang dapat mengakomodir stabilitas global.

Indonesia memiliki peranan penting dalam menunjukkan daya tawar terkait permasalahan global. Selain memegang mandat sebagai Presidensi G20 di tahun 2022, Indonesia juga merupakan Koordinator Kemitraan ASEAN-AS periode 2021-2024.

Dinna Prapoto Raharja, pendiri Synergy Police, mengingatkan bahwa ASEAN adalah mitra yang berdaulat dan independen bagi Amerika Serikat. Hal ini tentu mesti menjadi catatan penting agar Amerika Serikat memiliki batasan agar tidak menarik ASEAN kedalam polarisasi yang diinginkan oleh negeri Paman Sam tersebut.

Lebih lanjut menurut Dinna, dilansir melalui situs voaindonesia.com, tentu akan mengganggu stabilitas global apabila Amerika Serikat memainkan skenario menarik ASEAN lebih jauh dalam polarisasi global.

Menurut keterangan tertulis dari Kemlu RI (17/04), pertemuan tersebut akan membahas penganganan pandemi, kerja sama kesehatan, pendidikan, percepatan pemulihan ekonomi dan berbagai tantangan geopolitik kawasan dan global.

Namun demikian, publik tentu menanti bagaimana KTT ASEAN-AS menghasilkan sebuah kesepakatan bersama dalam menanggapi konflik Rusia-Ukraina.

Sementara itu, seluruh pimpinan negara-negara anggota ASEAN dijadwalkan menghadiri KTT tersebut, kecuali Myanmar dan Filipina.

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini