Tuesday, October 4, 2022
spot_img
spot_img

Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia, Ini Profil Lengkap Pemimpin Terlama Kerajaan Inggris

Jakarta, Aktualiti.com – Ratu Inggris, Elizabeth II meninggal dunia di usia 96 tahun pada Kamis Sore waktu setempat, 8 September 2022.

Dilansir dari akun twitter resmi The Royal Family mengabarkan bahwa Ratu Elizabeth II meninggal di Kastil Balmoral.

“Ratu meninggal dengan tenang di Balmoral pada petang ini. Upacara bagi raja dan ratu akan diadakan di Balmoral malam ini dan akan dibawa ke London pada besok hari,” menurut rilis resmi dari Istana Buckingham.

Dikutip dari Wikipedia, Ratu Elizabeth II tercatat sejarah sebagai pemimpin terlama dari Kerajaan Inggris selama 7 dekade tepatnya 70 tahun, 214 hari.

Ratu Elizabeth II naik tahta pada 6 Februari 1952 menggantikan sang ayah, Raja George VI yang meninggal dunia dan dinobatkan secara resmi pada 2 Juni 1953.

Setelah naik takhta, Ratu Elizabeth II menjadi Ketua Persemakmuran sekaligus ratu dari tujuh Alam Persemakmuran (Commonwealth Realms) merdeka, yaitu: Britania Raya, Kanada, Australia, Selandia Baru, Afrika Selatan, Pakistan dan Sri Lanka.

Kini jumlah persemakmuran dari Kerajaan Inggris semakin banyak, yakni 16 negara berdaulat (dikenal sebagai Alam Persemakmuran) dan teritori beserta dependensinya, serta ketua dari 54 anggota Negara-Negara Persemakmuran.

Kehidupan Sebelum Jadi Ratu,

Putri Elizabeth lahir di Mayfair, London, Britania raya pada 21 April 1926 dan mempunyai nama lengkap Elizabeth Alexandra Mary.

Elizabeth adalah anak pertama dari Pangeran Albert, Adipati York (Raja George VI), dan istrinya, Elizabeth Angela Marguerite Bowes-Lyon (Ratu Elizabeth, Ibu Suri).

Elizabeth kecil mempunyai adik bernama Putri Margaret, yang usianya empat tahun lebih muda dari usianya. Keduanya dididik secara privat di rumah dengan pengawasan dari ibu dan pengasuh mereka, Marion Crawford.

Lahir sebagai cucu dari Raja Britania Raya, Elizabeth kecil sudah diberi gelar Her Royal Highness Princess Elizabeth of York (Yang Mulia Putri Elizabeth dari York) sejak lahir.

Pada Perang Dunia II tepatnya tahun 1939, Putri Elizabeth dan Margaret menolak dievakuasi dan tetap tinggal di Istana Balmoral, Skotlandia.

Kedua putri ikut berpartisipasi dalam pementasan pantomim pada hari Natal dalam rangka menggalang dana untuk memproduksi pakaian militer.

Saat berusia 16 tahun tepatnya tahun 1946, Elizabeth melakukan penampilan publik solo pertamanya saat mengunjungi Pasukan Pengawal Grenadier.

Pada tahun 1947, Putri Elizabeth melakukan kunjungan luar negeri pertamanya saat menemani orang tuanya melakukan kunjungan kenegaraan ke Afrika Selatan.

Sekembalinya dari sana ia mengumumkan pertunangan dengan Phillip Mountbatten dari Angkatan Laut Kerajaan Inggris dan menikah di tahun yang sama.

Mereka tinggal di Clarence House, London. Elizabeth melahirkan Pangeran Charles (Charles Phillip Arthur George) pada 14 November 1948. Anak keduanya, Putri Anne (Anne Elizabeth Alice Louise) pada 15 Agustus 1950.

Sementara itu anak ketiganya Pangeran Andrew (Andrew Albert Christian Edward) lahir pada 19 Februari 1960 dan anak keempat, Pangeran Edward (Edward Anthony Richard Louis) lahir 10 Maret 1964.

Reporter: Dani Az

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini