Tuesday, October 4, 2022
spot_img
spot_img

Tiga Negara Sukses Jaga Harga BBM di Bawah Rp 800/liter

Depok, Aktualiti.com – Ada tiga negara yang sukses jaga harga BBM di bawah Rp 800/liter, meski minyak mentah dunia menyentuh US$100/barel tahun ini. Mereka adalah Venezuela, Libya dan Iran.

Di Indonesia sendiri, pemerintah resmi menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Pemerintah dalam asumsi makro APBN 2022 menetapkan harga minyak mentah Indonesia (Indonesian Crude Price/ICP) sebesar 150 dolar AS.

Venezeula

Sementara di Venezuela, hingga 29 Agustus harga bensin dipatok US$0,022/liter seperti yang termuat dalam catatan GlobalPetrolPrice.com. Dengan asumsi kurs rupiah Rp 15.000/US$, harga per satu liter di negara itu hanya Rp 330.

Baca Juga: Cara Daftar Program BBM Subsidi My Pertamina

Ini terjadi karena menurut data worldometers.com, Venezuela merupakan negara produsen minyak terbesar ke-12 dunia. Rata-rata negara itu memproduksi 2,36 juta barel per hari (bph) dan hanya berada di belakang Meksiko dengan 2,48 juta bph.

Selain itu, konsumsi minyak negara tersebut cenderung kecil dibandingkan dengan limpahan produksinya. Yakni hanya 289 ribu barel/hari, artinya tingkat konsumsinya 12% dari produksinya.

Di sisi lain, pemerintah Venezuela juga memberikan subsidi pada harga minyaknya untuk bisa dinikmati rakyatnya. Venezuela juga memegang harga BBM termurah hingga saat ini.

Libya

Adapun Libya menjual harga BBM-nya hanya US$0,3 per liter atau Rp 450/liter. Alasannya serupa seperti Venezuela, Libya merupakan negara akan minyak dan catatan Energy Information Administration (EIA) AS menyebutkan cadangan minyak Libya mencapai 3% cadangan minyak global dan 39% dari cadangan minyak Benua Afrika.

Tingkat konsumsinya pun cenderung rendah yakni 200 ribu bph berbanding dengan produksinya mencapai 500 ribu bph. Anggaran subsidi BBM dan listrik dengan porsi yang terbesar juga dikeluarkan pemerintah setempat.

Iran

Terakhir adalah Iran. Mengutip dari CNBC Indonesia, Iran menjual harga minyaknya hanya 0,053/liter atau Rp 795/liter. Negara tersebut juga merupakan salah satu yang kaya akan minyak dengan produksi mencapai 4,38 juta bph dan menduduki peringkat ke-7 dunia.

Iran juga mencatatkan surplus neraca minyak yakni konsumsi berada di kisaran 1,7-1,8 juta bph. Selain itu pemerintah juga menggelontorkan subsidi yang membuat harga BBM tetap murah. Itulah tiga negara yang sukses jaga harga BBM.

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini