Friday, October 7, 2022
spot_img
spot_img

Tunjukkan Independensi, Arab Saudi Abaikan Permintaan Joe Biden

Jakarta, Aktualiti.com – Sepanjang Juli 2022, Arab Saudi terus membeli minyak hingga 76.000 barel BBM per hari dari Rusia, walaupun Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden terus berkali-kali meminta untuk mendukung AS.

Mantan Duta Besar AS di Riyadh, Robert W Jordan mengatakan seperti yang dikutip Kompas.id, Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) bukan membela Rusia dan Presiden Rusia Vladimir Putin. Putra Mahkota Arab Saudi itu hanya berusaha menunjukan ia dan independen dari AS.

Baca juga : Joe Biden Cairkan Dana USD900 Juta untuk Kendaraan Listrik

Pangeran MBB berkali-kali mengabaikan permintaan Presiden AS Joe Biden untuk mendukung upaya AS mengisolasi Rusia dan Putin. Salah satunya dengan meminta Riyadh menambah pasokan minyak ke pasar dunia agar tidak kekurangan pasokan minyak saat Rusia dilarang sepenuhnya mengekspor komoditas energinya. Namun permintaan ini diabaikan MBS.

AS dan enam mitranya di G7 melarang ekspor energi Rusia bisa menyebabkan dunia akan kehilangan 1,4 juta barel minyak mentah dan 1 juta barel BBM jika Rusia dilarang ekspor berdasarkan Badan Energi Internasional (IEA). Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) berkali-kali menyatakan tak akan bisa mengganti pasokan sebanyak itu.

OPEC malah terus berkoordinasi dengan Rusia dalam penentuan produksi minyak dunia. Setelah menikkan 100.000 barel per hari selama September, OPEC memangkas dengan jumlah yang sama untuk Oktober.

Reporter: Dwi Kurnia

Editor : Ahmad Widyarma

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini