Monday, December 5, 2022
spot_img
spot_img

Wapres Amin Bertemu PM Jepang, Bahas Kerja Sama Ekonomi dan SDM

Tokyo, Aktualiti.com – Wakil Presiden, Ma’ruf Amin bertemu dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dalam kunjungan bilateral. Kali ini mereka membahas kerja sama ekonomi dan sumber daya manusia.

Kunjungan kehormatan Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang berlangsung di Istana Akasaka, Tokyo, Senin (26/9/22) menekankan dua aspek penting dalam hubungan bilateral antara Indonesia dengan Jepang, yaitu penguatan kerja sama ekonomi dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia.

Kerja sama di bidang ketenagakerjaan dan kesehatan pun disampaikannya saat bertemu dengan Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida.

“Pertemuan Wapres RI KH Ma’ruf Amin menekankan dua hal utama, yakni penguatan kerja sama ekonomi dan peningkatan kapasitas SDM, kemitraan di bidang ketenagakerjaan dan kesehatan,” kata Juru Bicara Wapress Masduki Baidlowi dalam keterangan persnya setelah mendampingi Wapres Amin pada kunjungan tersebut.

Dalam bidang ekonomi, Wapres Amin menyampaikan arti penting penandatangan Protokol Perubahan Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA) pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan digelar di Bali November 2022 mendatang.

Baca juga : Wapres Diundang dalam Abu Dhabi Forum For Peace untuk Promosikan Islam Indonesia

Wapres Amin juga mengharapkan realisasi perluasan investasi dan investasi baru senilai 5,2 miliar dollar AS, penyelesaian proyek-proyek infrastruktur strategis, serta penyelesaian hambatan terhadap akses bagi ekspor produk pertanian dan perikanan Indonesia berdasarkan kutipan Kompas.id.

Selanjutnya, pada aspek kerja sama peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM), Wapres Amin mengapresiasi dukungan Jepang. Dukungan Jepang sebagai mitra pembangunan SDM Indonesia ditunjukkan melalui pemberian beasiswa dan pelatihan teknis.

Diharapkan juga, Jepang dapat meneruskan perluasan pengajaran bahasa Jepang, pendidikan vokasi, dan penguatan masyarakat tanggap bencana.

Kali ini Wapres Amin didampingi Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi, Deputi Setwapres Bidang Dukungan Kebijakan Pemerintahan dan Wawasan Kebangsaan Velix Wanggai, Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri Andy Rachmianto, dan Direktur Asia Timur Kementerian Luar Negeri Santo Darmosumarto.

Reporter : Dwi Kurnia

Editor : Ahmad Widyarma

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
9FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini