Thursday, September 29, 2022
spot_img
spot_img

WHO Optimistis Akhir Pandemi Covid-19 Sudah di Depan Mata

Jakarta, Aktualiti.com – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kembali menyampaikan perkembangan pandemi Covid-19 bahwa dunia saat ini dalam posisi yang lebih baik dalam menangani virus corona.

WHO merasa optimis bahwa akhir dari pandemi sudah terlihat. Meski begitu, ia tetap menegaskan kewaspadaan terhadap seluruh negara bahwa Covid-19 belum berakhir.

“Kami belum sampai di sana. Tapi akhirnya sudah di depan mata,” kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dilansir The Straits Times, Kamis (15/9/22).

Ia juga menyampaikan kepada seluruh dunia agar terus mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19. Ia mengibaratkan posisi dunia melawan Covid-19 saat ini seperti pelari maraton yang sedang mendekati garis finish.

“Seorang pelari maraton tidak berhenti ketika garis finis mulai terlihat. Dia berlari lebih keras, dengan semua energi yang tersisa. Begitu juga dengan Kita yang bisa melihat garis finis. Kita berada dalam posisi menang. Tapi sekarang adalah waktu terburuk untuk berhenti berlari,” dia memperingatkan.

“Jika kita tidak mengambil kesempatan ini sekarang, (berhenti waspada) kita berisiko mengalami lebih banyak varian, lebih banyak kematian, lebih banyak gangguan, dan lebih banyak ketidakpastian.” lanjutnya.

Virus corona bermula di China pada akhir 2019, telah menewaskan hampir 6,5 juta orang dan menginfeksi 606 juta orang, menghancurkan ekonomi global, dan perombakan sistem perawatan kesehatan yang luar biasa.

Pengadaan vaksin dan terapi telah membantu membendung kematian dan rawat inap. WHO melaporkan, kematian akibat Covid-19 pekan lalu adalah yang terendah sejak Maret 2020.

Reporter : Dwi Kurnia

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini