Friday, October 7, 2022
spot_img
spot_img

7 Destinasi Wisata Religi di Malang, Ada Masjid Arsitektur Paduan China, India dan Timur Tengah

Malang, Aktualiti.com – Menjadi kota padat di Provinsi Jawa Timur yang memiliki berbagai tempat wisata, Malang juga dikenal sebagai tempat yang memiliki kawasan situs bersejarah Islam. Melansir dari travel.okezone.com, berikut beberapa destinasi wisata religi yang terletak di Malang Raya.

1. Masjid Tiban Turen

(sumber : osc.medcom.id)
Masjid Tiban Turen terletak di Kecamatan Turen, berada di area Pondok Pesantren Bihaaru Bahri Asali Fadlailir Rahmah. Masjid ini memiliki luas sekitar empat hektar, yang konon dibangun oleh santri berjumlah 250 orang dengan bantuan penduduk sekitar. Masjid ini berkarsitektur Timur Tengah, China, dan India, yang dirancang oleh KH Ahmad Bahru Mafdaluddin Soleh.

2. Masjid Agung Malang

See the source image(Sumber : Masjid Agung Malang)
Masjid Agung Malang berarsitektur Jawa dan Arab. Masjid ini menampilkan percampuran budaya lokal dan asing. Letaknya berada di depan alun – alun Kota Malang.

3. Masjid Salman Al – Farizi

Masjid Salman Al Farisi(Sumber : Pinterest)
Masjid Salman Al – Farizi merupakan salah satu masjid paling megah di Malang. Masjid ini terkenal karena bentuknya yang mirip dengan Taj Mahal di India.

Masjid ini dibangun pada tahun 2012 dan selesai konstruksinya pada tahun 2017. Bentuk dari masjid ini adalah kubah dan menara yang tinggi dengan warna putih cerah di seluruh bangunannya.

4. Makam Ki Ageng Gribig

https: img.okezone.com content 2021 09 24 337 2476061 kisah-ki-ageng-gribig-leluhur-airlangga-keturunan-raja-majapahit-dan-pejuang-islam-di-tanah-jawa-HAQ1Ttvav9.jpeg(sumber: Pesantrencenter.id)

Makam Ki Ageng Gribig terletak di Kelurahan Madyopuro, Kecamatan Kedungkandang. Makam ini merupakan tempat peristirahatan dari tokoh penyebar Islam pada tahun 1600-an. Komplek pemakaman ini juga digunakan sebagai tempat peristirahatan terakhir bupati Malang dari abad ke-19 hingga abad ke-20.

5. Pesarean Gunung Kawi

(sumber : jadesta.kemenparekraf.go.id)
Pesarean Gunung Kawi terletak di Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang. Lokasinya berada di ketinggian 500 sampai dengan 3000 meter di atas permukaan laut. Di tempat ini juga terdapat makam dari pasukan Pangeran Diponegoro.

6. Wisata Religi Gunung Munjur Malang

1.jpg(sumber : pingpoint.co.id)
Gunung Munjur terletak di Desa Taman Harjo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang. Di lokasi ini terdapat dua makam unik yang sering dikunjungi para peziarah. Keunikannya terletak pada posisi arah makam yang berlawanan. Selain itu makam ini juga diprediksi sudah ada sejak jaman Kerajaan Singosari.

7. Klenteng Eng An Kiong

See the source image(sumber : ongistravel.com)
Klenteng Eng An Kiong terletak di dekat Pasar Besar Malang, kawasan Kota Lama. Klenteng ini dibangun pada tahun 1825 silam atas perintah Liutenant Kwee Sam Hway.

Saat ini klenteng ini tidak hanya digunakan sebagai tempat ibadah, melainkan juga sebagai spot wisata religi. Klenteng En An Kiong memiliki makna ‘istana keselamatan dalam keabadian Tuhan’. Klenteng ini juga merupakan klenteng Tri Dharma, yaitu digunakan bagi penganut agama Buddha, Tao dan Kong Hu Cu.

Reporter: Masning Salamah

Editor : Ahmad Widyarma

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini