Friday, October 7, 2022
spot_img
spot_img

Pesona Pesarean Gunung Kawi, Spot Eksotik sekaligus Mistik

Malang, Aktualiti.com – Gunung Kawi merupakan gunung dengan ketinggian mencapai 2.551 mdpl, yang terletak di Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Di tempat ini terkenal dengan Pesarean Gunung Kawi yang memiliki nilai sejarah, sehingga seringkali dikunjungi sebagai tempat ziarah dan wisata religi.

Selain itu mengutip dari merdeka.com, Pesarean Gunung Kawi ini juga sering dibicarakan sebagai tempat yang erat hubungannya dengan kegiatan spiritual dan mistis. Banyak yang mengatakan jika Pesarean Gunung Kawi menjadi tempat pesugihan atau tempat ritual yang mendatangkan kekayaan.

Terdapat pemakaman terkenal dan dikeramatkan di daerah Gunung Kawi. Tokoh yang dimakamkan di tempat itu adalah Kanjeng Kyai Zakaria II yang wafat pada 22 Januari 1871 dan Raden Mas Imam Soedjono yang wafat pada 8 Februari 1876. Kedua tokoh tersebut adalah bangsawan yang turut berperang melawan penjajah. Mereka berada di bawah kepemimpinan Pangeran Diponegoro. Setelah kalah perang Jawa, mereka lari ke Jawa Timur.

Baca juga : Menelusuri Kompleks Makam Imogiri, Makam Raja – Raja Mataram

Banyak peziarah yang datang ke Pesarean Gunung Kawi, terutama pada 1 Suro. Karena banyak yang mempercayai bahwa kedua tokoh tersebut telah banyak membantu dakwah Islam.

Kanjeng Kyai Zakaria II dikenal juga sebagai Eyang Djoego. Sebelum kedatangannya ke daerah tersebut. Warga setempat banyak yang menderita kolera, termasuk juga hewan ternak yang tak luput dari penyakit itu.

Setelah kedatangan Eyang Djoego, warga tiba – tiba sembuh, ternak juga kembali sehat. Sejak saat itulah Eyang Djoego dianggap bisa mendatangkan keberuntungan, juga sangat dihormati oleh masyarakat setempat.

Selain berziarah, area Pesarean Gunung Kawi juga mempunyai Masjid dengan arsitektur Demak, Klenteng Dewi Kwan Im, Tie Kong serta Ciamsi. Area tersebut menjadi gambaran bahwa keragaman etnis dan budaya dapat hidup berdampingan di Desa Wisata Pesarean Gunung Kawi.

Di Pesarean Gunung Kawi juga terdapat mitos mengenai Pohon Dewandaru yang sangat terkenal. Pohon tersebut merupakan pohon yang ditanam oleh Eyang Djoego dan merupakan perwujudan dari tongkatnya. Dinamakan dengan Dewandaru karena memiliki arti kesabaran.

Baca juga : Ziarah Kubur, Tradisi Lama dengan Sentuhan Dakwah Islami

Sampai saat ini, bagian pohon tersebut dipercaya dapat menjadi jimat yang akan mendatangkan kekayaan bagi orang yang bisa mendapatkannya. Akan tetapi bagian pohon tersebut jatuhnya bisa berbulan – bulan. Sehingga membutuhkan kesabaran, sama seperti namanya.

Di sekitar Pesarean Gunung Kawi juga diyakini sebagai tempat bertapa para raja Jawa. Karena ditempat tersebut terdapat situs peninggalan berupa keraton yang terletak di ketinggian 700 meter.

Reporter: Masning Salamah

Editor : Ahmad Widyarma

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini