Friday, October 7, 2022
spot_img
spot_img

Cegah Penularan HIV, Pemkot Bekasi Bagikan 16.560 Kondom

Bekasi, Aktualiti.com – Sebagai salah satu upaya pencegahan Human Immunodeficiency Virus (HIV), Pemerintah Kota Bekasi membagikan 16.560 kondom.

Dilansir dari Antara, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi Tanti Rohilawati mengatakan bahwa penggunaan alat kontrasepsi mampu mengurangi risiko penularan virus HIV.

“Penggunaan alat kontrasepsi mampu mengurangi risiko penularan virus HIV hingga 95 persen,” katanya di Bekasi, Jumat, 16 September 2022.

Kondom yang dibagikan tersebur diberikan kepada fasilitas kesehatan yang mempunyai layanan perawatan dukungan pengobatan HIV. Diantaranya RSUD Cashbullah Abdul Madjid, RS Elisabeth, dan RS Ananda Bekasi.

Selain itu, kondom juga diberikan kepada Puskesmas Mustika Jaya, Puskesmas Pengasinan, Puskemas Perumnas II, Puskesmas Kali Abang Tengah, Puskesmas Jati Sampurna, serta Puskesmas Karang Kitri.

Tanti juga menuturkan bahwa alat kontrasepsi tersebut selanjutnya akan didistribusikan kepada pasangan diskordan HIV.

“Alat kontrasepsi ini selanjutnya akan didistribusikan kepada pasangan diskordan HIV sebagai pencegahan sekaligus memutus rantai penularan pada pasangan,” tuturnya.

Ia juga menjelaskan pasangan diskordan merupakan pasangan yang salah satunya adalah orang yang mengidap HIV atau ODHIV.

Kemudian, ia kembali memaparkan bahwa penularan HIV tetap bisa terjadi meski telah menggunakan kondom. Penyebabnya antara lain kebocoran alat tersebut, kesalahan ketika menggunakan alat tersebut, serta penyimpanan kondom yang kurang tepat.

“Perlu diperhatikan pula terkait masa kadaluwarsa kondom karena biasanya menjadi penyebab kebocoran,” ucapnya.

Sejumlah langkah yang dilakukan Dinas Kesehatan Kota Bekasi selain penggunaan kondom adalah koordinasi dan pelaporan kasus kepada seluruh tim puskesmas dan rumah sakit.

“Kami juga melakukan skrining dan edukasi terkait HIV setiap Ahad, saat pelaksanaan Car Free Day. Edukasi ini melibatkan aktivis ataupun pegiat HIV,” pungkasnya.

Sebagai informasi, pihaknya juga mencatat sepanjang Januari-Agustus 2022, ada sekitar 554 kasus HIV yang terjadi di Kota Bekasi.

Reporter: Ali Ruhiyat

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini