Monday, September 26, 2022
spot_img
spot_img

Daya Tarik 6 Lokasi Pelaksanaan G20 Indonesia 2022

Jakarta, Aktualiti.com – Pelaksanaan G20 akan diselenggarakan di Indonesia. Terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah G20 2022 setelah menerima Presidensi G20 dari Italia yang dilakukan di Konferensi Tingkat Tinggi G20 (KTT G20) atau G20 Leaders Summit di Roma, Italia pada 30-31 Oktober 2021.

Selama masa Presidensi, Indonesia berperan menentukan agenda prioritas dan memimpin rangkaian pertemuan G20. Presidensi Indonesia secara resmi dimulai dari 1 Desember 2021 – 30 November 2022 dengan tema utama adalah Recover Together, Recover Stronger yang salah satunya artinya pulih bersama dan tangguh bersama.

Beberapa persiapan dilakukan Indonesia selaku Presidensi G20. Salah satunya pemilihan beberapa lokasi untuk pelaksanaan Pertemuan G20 2022.

Dilansir dari @KemsetnegRI berikut tempat-tempat yang terpilih dan mempunyai banyak daya tarik tersendiri.

1. Bali

Tempat yang berjuluk Pulau Dewata itu sudah sangat terkenal akan keindahan alamnya. Bali juga mempunyai daya tarik kebudayaan yang sangat kental.

Bali juga mempunyai lokasi wisata unggulan seperti Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana, Manta Point di Pantai Nusa Penida dan Ubud Monkey Forest. Selain lokasi wisata, ada juga makanan khas, Ayam Betutu, Sate Lilit, Bubur Injin dan Jaje Laklak. Bagi wisatawan bisa membeli oleh-oleh khas Bali, Minyak Esensial Aromaterapi, Pai Susu dan Kerajinan tangan pengrajin lokal.

Baca juga : Jokowi Ungkap Alasan Undang Presiden Ukraina ke KTT G20 di Bali

Rangkaian G20 2022 yang akan dilaksanakan di Bali adalah TWG 2, Tourism Ministrial Meeting (TMM) pada 23 September 2022 dan The 17th G20 Heads of States and Goverment Summit pada 15-16 November 2022.

2. Jakarta

Kota yang awalnya mempunyai nama Sunda Kelapa. Kemudian Pangeran Fatahillah pada 22 Juni 1527 yang kemudian ditetapkan menjadi tanggal berdirinya Jakarta, mengganti Sunda Kelapa menjadi Jayakarta.

Kota yang mempunyai kota pelabuhan itu mempunyai lokasi wisata unggulan, Kota Tua Jakarta, Taman Mini Indonesia Indah, Kawasan Gelora Bung Karno dan Pulau Seribu. Sedangkan makanan khas Jakarta adalah Soto Betawi, Kerak Telor dan Nasi Ulam Betawi. Oleh-oleh khas yang bisa dibeli wisatawan ketika berkunjung ke Jakarta, Roti Buaya, Dodol Betawi dan Bir Pletok.

International Sharia Economic Festival (ISEF) serangkaian G20 2022 yang akan dilaksanakan disini pada 6 Oktober 2022.

3. Yogyakarta

Provinsi satu-satunya di Indonesia yang masih menerapkan sistem pemerintahan kerajaan. Karena itulah Yogyakarta menyandang status Daerah Istimewa dan Raja otomatis menjadi Gubernur.

Wisata, makanan dan oleh-oleh Yogyakarta sesuai dengan statusnya istimewa. Wisata unggulan Yogyakarta selain pantai yang indah ada juga Candi Prambanan, Candi Kalasan, Taman Sari dan Gunung Merapi. Kemudian makanan khasnya ada Gudeg, Sate Klatak dan Bakpia Pathok. Selain itu ada oleh-oleh khas, Batik, Wayang Kulit, dll.

Di Daerah Istimewa ini akan dilaksanakan serangkaian G20 2022 yaitu Agriculture Deputies Meeting pada 29 Juli 2022.

4. Labuan Bajo

Lokasi ini merupakan Destinasi Super Prioritas yang mempunyai fauna unik yaitu Komodo dengan nama latin Varanus Komodoensis. Fauna yang hampir punah ini hanya bisa dijumpai di Taman Nasional Komodo.

Selain Taman Nasional Komodo ada lokasi unggulan yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan yaitu Desa Wae Rebo, Pulau Padar, Air Terjun Cunca Rami dan Pantai Pink. Makan khas Labuan Bajo ada Jagung Bose dan Nasi Kolo. Tenun Songke Manggarai merupakan oleh-oleh khas Labuan Bajo.

Serangkaian G20 2022 yang telah dilaksanakan pada di pulaunya para Komodo ini adalah Tourism Working Group (TWG) pada 10-11 Mei 2022.

5. Mandalika

Asal usul nama Mandalika berasal dari tokoh legenda suku Sasak yaitu seorang putri yang bernama Putri Mandalika.

Lokasi yang dikelilingi pantai indah seperti Pantai Mawi, Pantai Mawun dan Pantai Semeti mempunyai oleh-oleh khas kain tenun Sasak dan Abon ikan. Beberapa makanan khas yang bisa dicicipi di sini antara lain Sate Bulayak, Ayam Taliwang dan Sayur Ares.

Health Working Group merupakan serangkaian G20 2022 yang dilaksanakan pada 6-7 Juni 2022.

6. Likupang

Lokasi yang berada di Provinsi Sulawesi Utara ini mempunyai air laut yang sangat jernih sehingga menjadi tempat favorit untuk menyelam dan snorkeling. Pada 2007 WWF Indonesia sempat dikejutkan terlihatnya hewan langka Penyu Hijau. Hal tersebut menandakan bahwa ekosistem lautnya dalam kondisi baik.

Cakalang Fufu dan Milu Suram merupakan makanan khasnya. Kemudian ada Pantai Paal, Pantai Pulisan dan Pantai Gangga yang tidak kalah indahnya dengan pantai lainnya di Indonesia. Oleh-oleh khas yang harus dibeli ketika berkunjung ke Likupang ada Sambal Roa, Halua Kenari dan Dodol Amurang.

Serangkaian G20 2022 yang dilaksanakan disini adalah W20 pada 14-16 Februari 2022.

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini