Tuesday, October 4, 2022
spot_img
spot_img

Dieng Culture Festival 2022 Kembali Hadir dengan 3 Acara Besar, Apa Saja?

Wonosobo, Aktualiti.com – Dieng Culture Festival (DCF) akan kembali digelar pada tanggal 2-4 September 2022. Ada tiga acara besar pada kegiatan DCF 2022 ini.

Para pengunjung akan dimanjakan dengan adanya Jazz Atas Awan. Ini merupakan sebuah konser yang menghadirkan artis papan atas maupun lokal yang akan meramaikan panggung Jazz atas awan acara DCF selama dua hari berturut – turut.

Kemudian ada Gebyar Lentera. Acara ini merupakan acara yang paling ditunggu – tunggu oleh pengunjung, karena para pengunjung akan menerbangkan lampion dan pesta kembang api yang akan diiringi oleh lagu – lagu romantis.

Selanjutnya yaitu Kirab Budaya dan pemotongan rambut gimbal, yang merupakan acara inti dari DCF. Hal tersebut sesuai dengan misi dari DCF itu sendiri, yaitu untuk menjembatani budaya, warisan dan culture kekinian.

Rangkaian acara DCF 2022 akan terbagi di dua lokasi, yaitu di kompleks lapangan Candi Arjuna dan di lapangan Candi Pandawa.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dieng Pandawa Alif Faozi menjelaskan mengenai rangkaian kegiatan DCF. Diantaranya ada kegiatan bertema lingkungan dan napak tilas. Terdapat perbedaan rangkaian kegiatan dengan DCF yang sebelumnya. Tahun ini pemotongan rambut gimbal dilaksanakan di hari kedua, tidak seperti DCF yang sebelumnya selalu dilakukan di hari terakhir.

Baca juga : Resmi! Bali Ditunjuk Sebagai Tuan Rumah World Tourism Day 2022

“Ada kegiatan membersihkan lingkungan, penanaman pohon dan napak tilas. Di hari pertama mulai dibuka pameran produk-produk unggulan seperti kopi, kuliner dan lainnya. Kemudian ada pertunjukkan seni. Perbedaannya di hari kedua, biasanya pemotongan rambut gimbal di hari terakhir, tapi tahun ini dilakukan di hari kedua. Diawali dengan kirab dari balai desa menuju Candi Arjuna. Di hari ketiga akan ada gebyar shalawat dan budaya dengan menghadirkan Cak Nun dan Kiai Kanjeng.” Kata Alif saat dihubungi, Senin (8/8/2022).

Kegiatan Dieng Culture Festival merupakan sebuah wadah untuk memperkenalkan warisan khasanah kebudayaan Dieng yang kaya akan nilai – nilai kearifannya.

Tahun ini, DCF mengangkat tema ‘Return of the Light’. Hal tersebut sebagai representasi dari semangat, harapan, dan cita – cita untuk bangkit, berdiri, dan kembali bersinar. Karena selama pandemi Covid-19, industri wisata di Kawasan Wisata Dieng sempat terhenti.

Selain ketiga acara besar tadi. DFC juga mengadakan acara menarik lainnya, seperti Festival Kembang Api, Gebyar Damar Kurung, Sendratari Anak Gembel, dan masih banyak acara lain yang sayang sekali untuk dilewatkan.

Reporter: Masning Salamah

Editor : M Nur Habib

Sumber : Ini Rangkaian Acara Dieng Culture Festival 2022 

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini