Friday, September 30, 2022
spot_img
spot_img

Hari Lahir Pancasila, Jokowi Ajak Anak Bangsa Membumikan Pancasila.

Jakarta, Aktualiti.com – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menghadiri upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Kota Ende, Nusa Tenggara Timur, Rabu (01/6/2022).

Dalam sambutannya, Jokowi mengingatkan kepada peserta upacara bahwa Kota Ende merupakan tempat bersejarah bagi Bangsa Indonesia.

“Di kota yang bersejarah ini, Bung Karno, Proklamator Kemerdekaan, bapak pendiri bangsa merenungkan dan merumuskan pancasila,” ujar Jokowi dalam siaran langsung kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Di kesempatan yang sama, Jokowi juga mengajak seluruh anak bangsa untuk senantiasa membumikan ideologi bangsa; Pancasila.

“Dari kota Ende, saya mengajak seluruh anak-anak bangsa dimanapun berada untuk sama sama membumikan pancasila,” ajak Jokowi

“Dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” tambahnya.

Menurut Jokowi, Pancasila bukan hanya menjadi pengikat bangsa. Tetapi lebih jauh dari itu, pancasila telah menjadi bintang penuntun bagi Bangsa Indonesia.

Jokowi juga menyinggung situasi global yang sedang dihadapi oleh bangsa Indonesia, sebagai pemegang amanat presidensi G20, “kami mengajak seluruh negara maju di dunia bergotong royong, menciptakan umat manusia yang lebih baik,” tegasnya.

Terakhir, demi mewujudkan cita-cita Indonesia maju, Jokowi mengajak seluruh pejabat negara, pendidik, para tokoh, pemimpin partai dan ormas untuk menjadi teladan.

“Saya mengajak seluruh pemimpin bangsa, terutama para pejabat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, para pemimpin partai politik dan ormas untuk menjadi teladan, menjadi contoh dalam mengaktuakisasikan nilai-nilai pancasila,” terang Jokowi.

“Mengajak masyarakat untuk bergerak aktif dalam memperkokoh nilai-nilai pancasila, dalam mewujudkan indonesia maju, mewujudkan cita-cita proklamasi kemerdekaan,” pungkasnya.

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini