Friday, October 7, 2022
spot_img
spot_img

Hari Lahir Pancasila, Kepala BPIP: Perbedaan Itu Rahmat dari Tuhan

JAKARTA, Aktualiti.com – Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi menegaskan bahwa perbedaan merupakan rahmat dari Tuhan.

Hal itu disampaikan Yudian dalam tayangan video yang dibagikan akun Instagram BPIP RI, Rabu (01/06).

“Kebulatan tekad dalam menyatukan pandangan hidup seluruh elemen bangsa memberikan keyakinan bahwa perbedaan merupakan keniscayaan lahiriyah bahkan rahmat dari Tuhan,” katanya.

Dia mengatakan hari lahirnya Pancasila merupakan pijakan awal bagi bangsa Indonesia sebagai bangsa yang merdeka.

“Pembuktian dari pernyataan itu, hari ini kita senantiasa hidup dalam suasana hormat-menghormati dan sayang-menyayangi,” tutur Yudian.

Kepala BPIP tersebut mengatakan komitmen terhadap Pancasila adalah bagian dari meneruskan keluhuran jiwa.

“Perilaku ini adalah bukti bahwa bangsa kita adalah bagian dari sejarah masa depan umat manusia yang akan terus mewariskan keluhuran jiwa sebagai rasa syukur kita pada lima konsensus,” ujar Yudian.

Yudian menjelaskan banyak tantangan yang kini dihadapi.

“Di luar kita hari ini terdapat derasnya perkembangan teknologi informasi, ketegangan politik global, perubahan iklim, dan mutasi berbagai penyakit seperti halnya Covid-19 yang sekarang sudah tertangani,” katanya.

Dia menambahkan bahwa Pancasila harus dijadikan sebagai patokan dalam bernegara.

“Sebagai ideologi, Pancasila memberikan kerangka nilai yang harus diterjemahkan ke dalam berbagai kebijakan yang berorientasi pada persatuan nasional, tata kelola yang baik, dan kemaslahatan publik,” ungkapnya.

Dalam kesempatan ini, Yudian mengajak seluruh elemen bangsa mampu melewati tantangan.

“Suatu bangsa dituntut mampu mempraktekkan ideologi bangsanya dalam berbagai langkah konkret untuk merespons setiap tantangan yang hadir,” ujarnya.

“Dalam memperingati hari kelahiran Pancasila, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila mengajak seluruh elemen bangsa untuk menjadi bagian penting dalam menyelesaikan tantangan kini,” tambah Yudian.

Di akhir video, dia mengingatkan rakyat Indonesia agar senantiasa gotong royong.

“Kami siap hadir sebagai saudara sebangsa yang bersama-sama mampu membangun kemajuan yang dimulai dari diri sendiri, sehingga tercipta gotong-royong yang merupakan nilai inti dari Pancasila berjalan dalam setiap dimensinya,” pungkasnya.

 

Reporter: Fikri Hadiansyah

Editor: Fikri Hadiansyah

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini