Tuesday, October 4, 2022
spot_img
spot_img

Indonesia Telah Siapkan 2.000 Dosis Vaksin Cacar Monyet

Jakarta, Aktualiti.com – Pemerintah Indonesia telah memesan 2.000 dosis vaksin buatan Bavarian Nordic untuk penanganan cacar monyet.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan per 30 Agustus 2022, ada satu kasus terkonfirmasi positif cacar monyet di Indonesia. Empat kasus suspek masih dalam pemeriksaan. Adapun 41 kasus lain yang sebelumnya diduga cacar monyet telah terbukti bukan tertular cacar monyet sehingga sudah masuk kategori discarded.

Dilansir oleh Kompas.id, Kementerian Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat pada Rabu (31/8/22) mengatakan, pemerintah menyiapkan beberapa strategi penanganan cacar monyet di Indonesia. Strategi tersebut meliputi upaya deteksi, terapeutik, vaksinasi, dan protokol kesehatan.

“Kita sudah memesan vaksin dibantu dengan KBRI Denmark karena ini adalah vaksin yang dibuat di (negara) sana,” terangnya. Pemerintah Indonesia telah memesan 2.000 dosis vaksin buatan Bavarian Nordic.

Baca juga : Hadapi Cacar Monyet, Ini Langkah Kemenkes

Perlindungan terhadap penularan Cacar monyet melalui vaksinasi sebenarnya sudah ditemukan oleh masyarakat pada 1980. Sebelum tahun tersebut, seluruh penduduk masih mendapatkan vaksin secara rutin untuk smallpox. Namun, sejak eradikasi smallpox ditetapkan pada tahun 1980, pemberian vaksin dihentikan.

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K Lukito menjelaskan, saat ini vaksin yang tersedia di Indonesia yaitu vaksin jenis Varicella, untuk penanganan cacar air atau chickenpox. Sementara vaksin yang direkomendasikan di luar negeri untuk penanganan cacar monyet adalah vaksin smallpox dan vaksin monkeypox.

Vaksin monkeypox yang sudah dikembangkan saat ini adalah vaksin Jynneos atau vaksin Imvanex untuk usia dewasa. Vaksin ini sudah mendapatkan izin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat Eropa (EMA), dan Lembaga Administrasi Alat Terapeutik (TGA) Australia.

Sementara itu, vaksin smallpox yang sudah beredar di luar negeri adalah vaksin generasi pertama (Dryvax), vaksin generasi kedua (ACAM1000 dan ACAM2000), serta vaksin generasi ketiga (Imvanex/Imvamune produksi Bavarian Nordic dan LC16m8 produksi Kaketsuken, Jepang).

Reporter: Dwi Kurnia

Editor : M Nur Habib

Sumber: kompas.id

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini