Friday, October 7, 2022
spot_img
spot_img

Jadi Ketua PMII Depok, Adli Muaddib Bawa 5 Pegerakan, Apa Saja?

Depok, Aktualiti.com – Adli Muaddib Aminan terpilih sebagai Ketua Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kota Depok dalam Konferensi Cabang ke-XXIII PC PMII Kota Depok yang digelar pada Selasa (9/08/2022) sampai Rabu (10/08/2022) di Kantor PCNU Depok, Cilodong, Kota Depok. Adli membawa program “5 movement” yaitu Movement Fun Meeting, Movement Faith Act, Movement Creative Stage, Movement National Stage, dan Movement Money House”. Program yang dirancang Adli tersebut bertujuan agar bisa membawa PMII depok berdaya dan bermartabat.

Adli sendiri merupakan mahasiswa Sastra Rusia, Universitas Indonesia, angkatan tahun 2018. Selama menjadi mahasiswa, Adli aktif di beberapa organisasi dan sempat memegang amanah sebagai Wakil Ketua 2 Bidang Eksternal PC PMII Kota Depok kepengurusan tahun lalu, sebagai ketua Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama (KMNU) UI dan sebagai Kepala Departemen Kajian dan Literasi Kelompok Studi Mahasiswa (KSM) Eka Prasetya UI.

Dalam orasinya, Adli ingin memberikan ruang kepada para kader PMII Depok agar bisa berkembang sesuai dengan potensinya masing – masing. Hal itu sekaligus sebagai persiapan para kader untuk memasuki kehidupan pasca organisasi.

“Saya akan berusaha secara maksimal untuk menginventarisasi potensi kader sehingga kader PMII Depok bisa berkembang dan mengakselerasi kehidupan pasca organisasi.” Ujar pemuda kelahiran Pati tersebut.

Selain itu Adli juga mengajak para kader untuk bersama – sama memperkuat ikatan. Karena ikatan dan barisan yang kuat dapat menjadi dasar untuk meraih cita – cita bersama dan memajukan PMII Depok. Ungkapan tersebut dikutip Adli dari salah satu bait dalam “Mars PMII”.

“Saya juga menekankan satu bait di mars PMII yakni satu barisan dan satu cita agar PMII Depok bisa lebih maju, dan cita – cita bersama harus diraih dengan satu barisan yg kuat.” Ujarnya.

Di Bawah kepemimpinannya, Adli membawa tagline besar yaitu “Berdaya dan Bermartabat”. Dengan tujuan agar para kader terus berdaya dalam mengaktualisasikan “Tri Motto PMII” sehingga dari aktualisasi tersebut para kader bisa menjadi lebih bermartabat.

“Berdaya secara intelektual dan integritas agar bisa mengaktualisasikan “Tri Motto PMII” sehingga bisa lebih bermartabat”. Ujar Adli saat dihubungi melalui sambungan telepon pada Kamis (11/08/2022).

Dengan rancangan yang dibawa Adli, para kader peserta Konferensi Cabang ke-XXIII PC PMII Depok, mendukung penuh kepemimpinan Adli dalam PMII Cabang Depok 2022. Para kader juga berharap rancangan besar Adli dapat terlaksana dan membawa Cabang Depok menjadi Cabang terbaik.

“PMII Komisariat UI akan mendukung penuh kepengurusan PC PMII Kota Depok yang baru dibawah kepemimpinan Ketum Adli Muaddib. Kami berharap visi – misi dan program – program yang telah dipaparkan oleh Sahabat Adli dapat dilaksanakan sehingga PC PMII Kota Depok bisa menjadi PC PMII terbaik yang ada di Jawa Barat bahkan Indonesia,” ujar Raditya Chavvah Dyandra, Ketua PMII Komisariat UI pada Kamis (11/08/2022) via pesan Whatsapp.

Sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Radit, Isyfina Ziyantifani sebagai salah satu kader perempuan, peserta Konferensi Cabang ke-XXIII PC PMII Depok menyatakan dukungannya kepada Adli. Ziyan juga percaya bahwa Adli merupakan sosok pemimpin yang berkualitas dan dapat membawa PMII Kota Depok menjadi lebih baik.

“Selamat atas terpilihnya Sahabat Adli sebagai Ketua Umum PC PMII Kota Depok. Saya mengenal beliau secara personal dan profesional. Sejak pertama kali bertatap muka, saya tahu beliau bukan orang biasa, dan ternyata benar. Adli secara personal adalah sosok santri sekaligus negarawan yang menjunjung tinggi sopan santun. Ia juga sosok yang tangguh, mengayomi, hangat, dan menyenangkan. Secara profesional ia sosok yang cerdas, ulet, dan cekatan. Saya tidak kuasa untuk tidak menitikkan air mata ketika Sahabat Adli resmi terpilih. Apalagi ketika ia berteriak Salam Pergerakan! di akhir pidatonya. Tergambar sudah perpaduan antara unsur dzikir, fikir, dan amal sholeh. Saya merinding pada saat itu.” Ujar Ziyan melalui pesan Whatsapp pada Kamis (11/08/2022).

Ziyan berharap agar pada kepemimpinan Adli nanti, kader perempuan bisa diberikan ruang yang lebar untuk bergerak. Mengingat kader perempuan dan kader laki – laki memiliki posisi yang berdampingan.

“Saya berharap jalan bagi para sahabati di PMII semakin lebar ke depannya. Bukan hanya sebagai simbol, tapi juga insan yang turut berpartisipasi aktif dalam ruang diskusi, ekspresi dan ruang gerak. Selain dalam sholat, posisi perempuan itu ada di samping laki-laki. Ia ada bersamanya. Berdampingan. Berjalan beriringan. Bukan di belakangnya.” Ujarnya.

Tak lupa, Ziyan juga menyatakan dukungannya kepada Adli dengan mengutip salah satu kalimat yang disampaikan oleh Gus Mus. Ziyan mengajak seluruh kader untuk turut mengawal Adli dalam menyukseskan dan merealisasikan rancangan besarnya.

“Tutur Gus Mus, “Malaikat tak pernah salah. Setan tak pernah benar. Manusia bisa benar, bisa salah. Maka kita dianjurkan saling mengingatkan, bukan saling menyalahkan.” Manusia tidak luput dari salah dan dosa, termasuk di dalamnya Sahabat Adli. PMII ini pergerakan kita semua. Mari kita kawal Sahabat Adli menyukseskan dan merealisasikan visi misinya di satu periode kepemimpinannya. Semoga PMII sebagai organisasi dengan manhaj fikr wal harakah ahlussunnah wal jama’ah annahdliyah dapat menjadi berkat bagi lebih banyak orang.” Ungkap Ziyan.

Sebagai penutup, Riziq Maulana Yusuf, Ketua Cabang Kota Depok Demisioner pada Rabu (10/08/2022) menyampaikan terimakasih dan permohonan maaf kepada seluruh kader PMII Kota Depok. Riziq juga mengungkapkan bahwa kesempatan menjadi PC merupakan perjalanan yang paling berkesan.

“Terima kasih kepada seluruh kader PMII Kota Depok yang telah memberikan support dan saling memotivasi satu sama lain untuk mengembangkan PMII Kota Depok. Sungguh sebuah perjalanan yang sangat berkesan dan berarti bagi kami pengurus demisioner. Mohon maaf atas segala kekeliruan dan kesalahan selama berkhidmat satu periode ini.” Ujar Riziq.

Reporter: Masning Salamah

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini