Saturday, October 1, 2022
spot_img
spot_img

Langit Malam Akan Tampak Terang karena Hujan Meteor Perseid, Bisa Disaksikan di Indonesia

Jakarta, Aktualiti.com – Pada tanggal 13-14 Agustus 2022, langit malam akan tampak menyala dikarenakan adanya hujan meteor perseid yang bisa disaksikan di Indonesia tanpa alat bantu.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menginformasikan bahwa puncak hujan meteor perseid terjadi pada tanggal 13-14 Agustus 2022.

Seperti dikutip dari kompas.com, peneliti Lapan BRIN Andi Pangerang mengkonfirmasi ada nya fenomena hujan meteor perseid tersebut.

“Betul, sudah saya ulas di 10 fenomena astronomis 2022,” kata Andi, Rabu 10 Agustus 2022.

Hujan meteor perseid, lanjut Andi, bisa disaksikan di seluruh wilayah Indonesia pada malam hari.

“Hujan meteor perseid bisa disaksikan di seluruh wilayah Indonesia pada pukul 11 malam di Sabang (atau yang selintang) dan 1 malam di Pulau Rote (atau yang selintang) hingga 25 menit sebelum matahari terbit,” tutur Andi.

Dalam unggahan instagram @lapan_ri, perseid adalah hujan meteor yang titik radiannya berasal dari konstelasi Perseus. Intensitas maksimum hujan meteor ini adalah sebesar 100 meteor/jam.

Dalam caption instagram tersebut juga dijelaskan bahwa Perseid bersumber dari sisa debu komet 109P/Swifts-Tuttle. Kecepatan meteor pada hujan meteor perseid ini dapat mencapai 212.400 km/jam.*

Reporter : Ali Ruhiyat

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini