Thursday, September 29, 2022
spot_img
spot_img

Museum Bahari Resmikan Pameran Temporer ‘Manusia dan Bencana’, Catat Tanggalnya!

Jakarta, Aktualiti.com – Museum Bahari Jakarta meresmikan pameran temporer dengan tema “Manusia dan Bencana: Mitologi, Mitigasi, dan Masa Depan”, di Museum Bahari, Jakarta Utara, pada Kamis (25/08/2022). Pameran ini akan berlangsung dari tanggal 26 Agustus – 26 Oktober 2022.

Tema yang diangkat dalam pameran ini mengenai bencana, hal tersebut karena masalah kebencanaan merupakan isu yang paling dekat dengan Indonesia. Karena secara geologi, Indonesia terletak pada ring of fire. Sehingga jalur gunung berapi membentang mengelilingi cekungan pasifik yang tersebar di Sumatera, Jawa hingga Sulawesi.

Selain itu, secara geografis, Indonesia juga merupakan negara kepulauan yang memiliki wilayah laut lebih luas daripada daratan. Kondisi tersebut juga berada pada tiga pertemuan lempeng. Sehingga apabila terjadi pergerakan lempeng maka akan memicu terjadinya gempa bumi, tsunami, dan juga aktivitas gunung api lainnya.

Baca juga : Resmikan FEKDI, Gubernur BI: Ekonomi Digital Pilar Kemajuan Indonesia

Upaya mitigasi bencana telah lama menjadi hal yang diturunkan dari zaman dahulu oleh leluhur kita dengan ragam ilmu folklor yang berwujud puisi, syair, lagu hingga dongeng pengantar tidur yang mengingatkan akan pentingnya menjaga lingkungan dan peringatan akan datangnya bencana. Hingga perkembangan teknologi yang membuat kita lebih mawas diri dengan alat-alat pendeteksi bencana yang canggih sebagai upaya kita bersama bertahan hidup di tanah air Indonesia.

Selain itu, Perkembangan teknologi yang dibuat oleh anak bangsa melalui sistem deteksi dini bencana sebagai upaya mitigasi modern hingga refleksi berupa seni instalasi kontemporer menjadi alat untuk merespon bencana ekologis yang sering disebabkan oleh manusia hingga saat ini.

Pameran ini ditempatkan di Ruang Pameran Temporer yang terletak di lantai 1 Gedung A Museum Bahari. Instalasi – instalasi yang dipamerkan berupa panil – panil yang memuat informasi mengenai timeline bencana maritim Indonesia, litografi lukisan Raden Saleh, kisah legenda Nyi Roro Kidul Laut Jawa, nama-nama tradisi sesajen/sedekah laut di pesisir Nusantara, puisi – puisi tsunami, dan beberapa instalasi yang menghadirkan koleksi keramik dari Kapal China Tek Sing serta instalasi lainnya mengenai mitigasi bencana maritim.

Informasi yang disajikan dalam pameran ini merupakan materi yang didapatkan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, Badan Geologi Kementerian ESDM, Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi DKI Jakarta, IJACEA dan MISSAO serta UNESCO. Harapannya informasi – informasi tersebut dapat menambah pengetahuan bagi masyarakat mengenai bencana – bencana dan cara mitigasinya.

Reporter: Masning Salamah

Editor : M Nur Habib

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini