Tuesday, October 4, 2022
spot_img
spot_img

Pendaftaran Beasiswa Santri Berprestasi 2022 Dibuka, Apa Saja Syaratnya?

JAKARTA, AKTUALITI.com – Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Direktorat Jenderal Pendidikan Islam pada Kementerian Agama membuka pendaftaran Progam Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) tahun 2022.

Masa pendaftaran beasiswa berlangsung satu bulan, 15 Maret sampai 15 April 2022.

Direktur PD Pontren Waryono Abdul Ghafur mengatakan, tahun ini tersedia 600 kuota PBSB untuk santri di seluruh Indonesia.

Baca juga: NU Jangan Sampai Seperti Nokia, Tak Dilirik Karena Kurang Inovasi

Kuota tersebut terdiri atas 80 pilihan progam studi (prodi) pada 26 Perguruan Tinggi Mitra PBSB dalam negeri.

“PBSB 2022 sudah dibuka. Kami undang para santri untuk mendaftar. Ada 80 pilihan prodi pada 26 perguruan tinggi,” ujar Waryono, Rabu (16/03/2022).

Senada dengan hal tersebut, Waryono menjelaskan, pilihan progam studi yang bisa diambil di antaranya Keagamaan, manajemen Pendidikan, Sains dan Teknologi, Kedokteran, Kesehatan, Ekonomi, Sosial Humaniora, Pertanian, serta beberapa Progam Studi Vokasi.

Namun, setiap santri hanya diperkenankan memilih satu prodi yang diminati.

PBSB merupakan progam afirmasi dari negara yang diperuntukkan bagi kalangan santri agar mendapatkan kesempatan lebih luas untuk melanjutkan studi sarjana dan magister. Untuk mengikuti seleksi ini, santri bisa mendaftar secara online melalui laman: https://ditpdpontren.kemenag.go.id/pendaftaranpbsb/

Santri yang berminat diharapkan segera mempersiapkan pesyaratan lengkap sesuai dengan acuan Booklet PBSB Tahun 2022 yang dapat diunduh pada laman : https://ditpdpontren.kemenag.go.id/pbsb/booklet/

Kepada para pengelola PBSB, Waryono mengingatkan untuk menjaga proses tata kelola dan manajemen pelaksanaan seleksi beasiswa ini secara terbuka dan akuntabel.

“Sehingga, semua santri bisa mendapat kesempatan sama untuk dipilih yang terbaik,” tegas Waryono.

Hal ini juga disampaikan oleh Waryono, bahwa PBSB dilaksanakan dalam bentuk pemberian beasiswa penuh bagi santri yang memiliki kemampuan akademik, kematangan pribadi, kemampuan penalaran, dan potensi untuk dapat mengikuti program pendidikan tinggi. Jenis beasiswa yang diberikan yakni:

  1. Beasiswa penuh untuk Program Sarjana (S1) paling lama 48 bulan;
  2. Beasiswa penuh untuk Pendidikan Profesi paling lama 24 bulan; dan
  3. Beasiswa penuh untuk Program Magister (S2) paling lama 24 bulan.

Baca juga: MKNU dan PKPNU Dilebur untuk Satukan Kekuatan SDM NU yang Terserak

Seleksi PBSB dilakukan melalui sistem terbuka dan berbasis elektronik. Kepala Subdit Pendidikan Pesantren Basnang Said mengingatkan agar pesantren memahami mekanisme pendaftaran PBSB secara online, termasuk pilihan program studi, perguruan tinggi mitra, serta domisili kampus yang diminati dan akan dipilih para santri.

Selain itu, persyaratan lengkap yang sudah disiapkan para santri diharapkan memahami tahapan dan persyaratan lengkap yang bisa di lihat pada laman; https://ditpdpontren.kemenag.go.id/pbsb/persyaratan-pendaftaran-pbsb/#1615224521446-dce98d13-e59c.

Sumber: https://ditpdpontren.kemenag.go.id/pbsb/

 

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini