Saturday, October 1, 2022
spot_img
spot_img

Peringati Hari Anti Perdagangan Manusia, LPSK Gelar Aksi Kampanye di Sepanjang Malioboro

Yogyakarta, Aktualiti.com –¬†Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) memperingati Hari Anti Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) Sedunia dengan tema One Step Against Human Trafficking.

Pada Minggu (31/7/2022) pagi, LPSK menggelar aksi kampanye di sepanjang Jalan Malioboro mulai dari depan Hotel Grand Inna menuju di Titik Nol Kilometer.

Menurut keterangan dari Ketua LPSK, Hasto Atmojo Suroyo, LPSK sengaja datang ke Yogyakarta dan menggelar aksi tersebut bertujuan untuk mengajak masyarakat Yogyakarta menyadari bahwa perdagangan orang masih terus terjadi hingga sekarang.

“Oleh karena itu kami bikin aksi tersebut, supaya bersama-sama melawan perdagangan manusia,” terangnya, dilansir dari jogja.tribunnews.com, Minggu (31/7/2022).

LPSK telah mencatat sebanyak 147 data permohonan perlindungan TPPO yang masuk pada tahun 2021. Permohonan tersebut berasal dari 12 provinsi yang tersebar ke dalam 47 kabupaten/kota.

Baca juga : Diduga Palsukan Ijazah, Razman Dipolisikan Kongres Advokat Indonesia

Kasus tertinggi berada dalam kasus Pekerja Migran Indonesia (PMI) yaitu sebanyak 71 permohonan dengan negara tujuan Irak, Suriah dan Turki.

Sebanyak 51 untuk kasus eksploitasi seksual yang sebagian besar korban dipekerjakan untuk tempat hiburan, eksploitasi dalam menjadi Pekerja Rumah Tangga (PRT) dalam negeri, ‘pengantin pesanan’ dan anak buah kapal.

Hasto menambahkan bahwa umumnya korban TPPO dieksploitasi dengan bentuk tidak mendapat upah yang layak.

Sementara pada tempat hiburan korban dieksploitasi secara seksual baik pemaksaan untuk menjadi pekerja seksual maupun penyekapan.

Menurut Hasto, kelompok yang rentan menjadi korban TPPO adalah perempuan dan anak. Ditambah kini modus perekrutan TPPO menggunakan media sosial dengan iming-iming yang tinggi dan penuh muslihat.

Reporter : Roudhotul Jannah

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini