Saturday, October 1, 2022
spot_img
spot_img

Putra Ridwan Kamil Tenggelam, Dewan Pers Ingatkan Media

JAKARTA, Aktualiti.com – Putra dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz, ramai di pemberitaan media, setelah dikabarkan tenggelam di Sungai Aare, Swiss.

Dewan pers sebagai lembaga yang bertugas menjalankan pengawasan pelaksanaan kode etik jurnalistik, menyerukan media harus bertanggung jawab dan berintegritas dalam membuat berita.

Hal itu tertuang dalam Siaran Pers Imbauan Dewan Pers Terkait Pemberitaan Media Tentang Peristiwa Kemanusiaan.

Dewan Pers mengimbau jajaran platform media agar bekerja sesuai kode etik, bertanggungjawab, dan berdampak positif.

“Dewan Pers mengimbau kepada seluruh insan pers dan jajaran news room dari berbagai platform media di tanah air untuk bekerja sesuai dengan kode etik dan melakukan pemberitaan dengan penuh tanggung jawab dan berdampak positif bagi publik,” tulis Prof. Dr. H. Azyumardi Azra, Ketua Dewan Pers, dalam rilis resminya, Minggu (29/05).

Dewan Pers menginginkan media untuk tidak membuat berita yang bersifat ramalan.

“Selain itu juga, media dari berbagai platform seyogianya tidak membuat berita yang berkaitan dengan prediksi atau ramalan terkait sebuah peristiwa tragedi kemanusiaan,” ujar Dewan Pers.

Dewan Pers meminta lembaga pers membuat berita yang positif, sesuai kode etik, dan tidak melakukan glorifikasi.

“Dalam hemat Dewan Pers, seyogianya lembaga pers lebih banyak menampilkan karya jurnalistik yang berdampak positif bagi kemanusiaan, sesuai kode etik dan tidak melakukan glorifikasi yang akan membuat setiap keluarga korban tragedi kemanusiaan tertekan dan merasa bersalah,” lanjut Dewan Pers.

Dewan Pers juga mengajak platform media untuk berempati dan menekankan tetap berpegang teguh terhadap kode etik jurnalistik.

“Dewan Pers juga mengajak kepada seluruh jajaran redaksi di seluruh platform media, untuk bersama-sama mengedepankan jurnalisme empati dan tentu, tetap berpegang teguh terhadap Kode Etik Jurnalistik,” tutup Dewan Pers dalam rilisnya.

 

Reporter: Fikri Hadiansyah

Editor: Fikri Hadiansyah

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini