Friday, October 7, 2022
spot_img
spot_img

Setelah Absen Dua Tahun, Kirab Satu Suro Keraton Surakarta Kembali Digelar

Solo, Aktualiti.com – Setelah dua tahun ditiadakan karena situasi pandemi COVID – 19, kirab satu Suro Keraton Surakarta Hadiningrat kembali digelar tahun ini. Kirab pusaka tersebut akan dilaksanakan pada Jumat (29/07/2022) pukul 23.00 hingga dini hari.

Rute kirab tersebut yaitu Kori Kamandungan – Supit Urang – Gladag – Jalan Mayor Sunaryo – Kapten Mulyadi – Veteran – Yos Sudarso – Slamet Riyadi kembali ke keraton.

Kirab malam satu Suro Keraton Surakarta dilaksanakan pada malam hari sebelum tanggal satu Suro atau satu Muharram. Kirab ini sudah dilaksanakan selama ratusan tahun di Keraton Surakarta secara turun temurun.

Baca juga : Jokowi Gelar Kendi Nusantara, Ingin Satukan NKRI di Titik Nol

Makna dari diadakannya Ritual Malam Satu Suro tersebut adalah sebagai refleksi atau pengingat diri terhadap hal – hal yang telah terjadi selama satu tahun kebelakang, serta sebagai harapan untuk dapat merubah sifat menjadi lebih baik.

Pada Kirab Satu Suro di Keraton Surakarta, ada ribuan orang yang akan berpartisipasi. Mulai dari Raja beserta keluarga dan kerabat, abdi dalam wilayah Solo Raya, hingga masyarakat umum. Selain itu terdapat pula pusaka yaitu Kebo (Kerbau) Bule sebagai cucuk lampah kirab, keturunan dari Kebo Kyai Slamet.

Kerbau tersebut bukan kerbau biasa, karena konon merupakan pusaka yang sangat berharga bagi Sri Susuhunan Pakubuwono II, yang diberi oleh Bupati Ponorogo. Kerbau tersebut diberikan kepada Sri Susuhunan PB II bersamaan dengan pusaka bernama Kyai Slamet, sehingga Kerbau bule ini dinamakan Kebo Kyai Slamet.

Selain itu, terdapat hal unik yaitu setelah selesai ritual, banyak masyarakat yang mengambil kotoran kebo bule. Karena bagi sebagian orang, hal ini dipercaya membawa keberkahan dan juga kemakmuran.

Reporter : Masning Salamah

Editor : Mochamad Nur Habib

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini