Monday, September 26, 2022
spot_img
spot_img

Tak Perlu Risau, Cacar Monyet Bisa Disembuhkan Sendiri

Jakarta, Aktualiti.com – Cacar monyet menjadi perhatian masyarakat dunia dengan diputuskan sebagai darurat kesehatan global. Namun tidak perlu risau, penyakit ini bisa disembuhkan dengan sendiri asalkan bertahan dengan gejalanya.

Penyebaran cacar monyet bisa menular dari hewan ke hewan dan dari hewan ke manusia. Penularannya melalui kontak langsung antara hewan dan manusia dengan cairan tubuh terutama bagian tubuh yang ada cacar.

Sedangkan dari manusia ke manusia bisa melalui udara, cairan tubuh atau cacar yang terpapar. Jika kontak langsung juga ada melalui saluran nafas atau terjadi droplet

Cacar monyet bisa sembuh sendiri setelah 2-4 minggu pasca masa inkubasi selama dua periode. Pertama masa invasi, terjadi 0 sampai 5 hari terjadi demam tinggi, sakit kepala berat dan ada benjolan atau pembesaran kalenjar limfa di leher, kemudian di ketiak, atau selangkangan.

Periode kedua masa erupsi. Terjadi 1 sampai 3 hari pasca demam, terjadi ruam pada kulit, wajah, telapak tangan, kaki, mukosa, alat kelamin, dan selaput lendir.

“Cacar monyet bisa sembuh sendiri setelah 2-4 minggu pasca masa inkubasinya selesai. Penyakit ini akan sembuh sendiri tidak terlalu berat. Dari negara-negara yang melaporkan hanya sekitar 10 persen pasien dirawat di rumah sakit,” ucap juru bicara Kementerian Kesehatan (kemenkes) Mohammad Syahril pada konferensi pers virtual, Jumat (24/06/2022).

Baca Juga : 6 Perbedaan Cacar Monyet dan Cacar Air yang Dapat Dihindari

Kabar baiknya, hingga kini belum ada kasus kematian yang disebabkan oleh cacar monyet di negara-negara yang sudah melaporkan.

Walau begitu, Syahril mengimbau untuk tetap tenang dan waspada karena penyakit ini juga sangat menular dan membuat tidak nyaman bagi semua pihak. Selain itu, yang perlu diperhatikan adalah adanya komplikasi, yakni infeksi sekunder, bronkopneumonia, maupun sepsis, ensefalitis, infeksi kornea sehingga menyebabkan kebutaan

Cacar monyet adalah salah satu penyakit yang saat ini sedang ramai diperbincangkan warga dunia. Pasalnya kasus cacar monyet sejauh ini telah menginfeksi ribuan orang di 74 negara berdasarkan data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan ditetapkan sebagai darurat kesehatan masyarakat dunia.

Editor : M Nur Habib

Reporter: Dwi Kurnia

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini