Tuesday, October 4, 2022
spot_img
spot_img

Uji Coba Sistem Pembayaran Tol Tanpa Kartu akan Dimulai Akhir Tahun 2022

Jakarta, Aktualiti.com – Penerapan pembayaran tol tanpa kartu mulai diuji coba akhir tahun 2022, sistem penerapan pembayaran tarif tol menggunakan ponsel cerdas.

Pemerintah akan menerapkan pembayaran tarif tol non kartu saat akhir tahun 2022. Sistem pembayaran non kartu diganti dengan ponsel cerdas diyakini dapat mengurangi kemacetan akibat penumpukan di gerbang-gerbang tol.

Sistem pembayaran jalan tol di Indonesia terus mengalami transformasi. Sejak tahun 1978, pembayaran menggunakan uang tunai. Pada tahun 2017, pembayaran menggunakan sistem non-tunai (e-toll). Namun berdasarkan survey, kemacetan pada gerbang tol masih terus terjadi hingga mengakibatkan kerugian.

“Kalau mau bayar tol bisa daftar kendaraan, lalu bayar tarif tol menggunakan ponsel sehingga lebih mudah dan efisien. Kendaraan tidak perlu antre dan langsung melaju saja di jalan tol,” ujar Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol Triono Junoasmono, yang dilansir kompas.id (23/8/22).

Sistem pembayaran non kartu (multilane free flow/MLFF), merupakan bentuk transformasi digital di jalan tol yang mengacu pada Teknologi Toll Road 4.0. Sistem ini dipercaya mengurangi kemacetan.

Transaksi non kartu menggunakan electronic on board unit dengan navigasi satelit sehingga dapat diterapkan oleh pengguna tol yang menggunakan ponsel pintar. Pola pembayaran dengan memotong saldo seperti pembayaran pesan antar makanan secara daring yang pembayarannya dengan memotong saldo. Sumber dana bisa dari kartu ebit atau pembayaran lainnya.

Reporter: Dwi Kurnia

Editor : M Nur Habib

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini