Thursday, September 29, 2022
spot_img
spot_img

UMKM Adalah Peluang Anak Muda Perkuat Ekonomi Bangsa

Jakarta, Aktualiti.com – Lembaga Keuangan dan Perbankan (LKP) Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII) menggelar diskusi publik dengan tema “Strategi Peningkatan Pembiayaan UMKM Dalam Rangka Pemulihan Ekonomi Nasional” pada Kamis (14/04/2022), di Hotel Mercure, Gatot Subroto.

Acara ini dihadiri beberapa tokoh yaitu Fathan Subchi (Wakil Ketua Komisi XI DPR RI), Riswinandi (Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non-Bank OJK), Onny Widjanarko (Direktur Eksekutif Kepala Perwakilan BI Provinsi DKI Jakarta), dan Hery Haryanto Azumi  (Sekretaris Jenderal Komite Ekonomi Rakyat Indonesia Semesta).

Ketua LKP PB PMII Fahmi Dzakky mengatakan anak muda memiliki potensi yang besar untuk masuk ke dunia UMKM. “Melihat upaya perbaikan dan pemberdayaan UMKM, saya melihat ada peluang besar bagi anak-anak muda, khususnya mahasiswa sebagai bagian dari pelaku utama UMKM,” ucap Fahmi.

Dalam kesempatan itu, Fahmi menilai UMKM menjadi aspek penting dalam dunia ekonomi. Menurutnya, selama hampir dua dekade soko guru (tiang utama) ekonomi RI adalah UMKM. Dimana kontribusi terhadap Product Domestic Bruto (PDB) atau GDP lebih dari 50 persen.

UMKM menjadi kunci kebangkitan ekonomi di masyarakat, lanjut Fahmi, dia mencontohkan fenomena krisis 97/98, kemudian krisis ekonomi global 2008, dan akhir-akhir ini resesi akibat pandemi, pertahanan terkuat dan utama kita lagi-lagi UMKM. “Ini menunjukkan betapa pentingnya UMKM bagi perekonomian kita,” ujarnya.

Kata Fahmi webinar ini merupakan langkah awal yang akan ada tindak lanjutnya melalui koperasi. “Peluang ini selanjutnya akan kami bangun dalam bentuk koperasi yang diharapkan akan mampu bersinergi dengan berbagai instansi pemerintah maupun swasta khususnya dalam hal pembiayaan UMKM,” sambungnya.

Dia berharap, koperasi yang akan dibentuk bisa dimaksimalkan mahasiswa dengan tujuan meningkatkan jiwa usaha. “Koperasi ini diharapkan menjadi ekosistem ekonomi baru bagi anak muda untuk menumbuh kembangkan usaha-usaha mereka,” pungkas Fahmi.

Reporter : Muhammad Amin

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini