Tuesday, October 4, 2022
spot_img
spot_img

Viral Alumni LPDP Luar Negeri Tidak Pulang, Dirut LPDP Buka Suara

Jakarta, Aktualiti.com – Saat ini publik sedang digegerkan perihal penerima Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang tidak kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan pendidikannya.

Berdasarkan perjanjian yang telah tertulis sebelumnya, para awardee LPDP luar negeri setelah lulus dari pendidikannya kembali ke negara untuk mengabdi.

Direktur Utama LPDP Andin Hadiyanto memeberi keterangan bahwa alumni LPDP luar negeri yang belum kembali usai lulus dari studinya tidak menyentuh satu persen.

“Alumni yang belum kembali pasca studi berjumlah 138 orang atau sekitar 0,9 persen dari total 15.930 alumni,” terang Andin dilansir dari tempo.co, Senin (1/8/2022).

Menurut Andin, pihaknya saat ini sedang melakukan penindakan kepada ratusan alumni LPDP. Tindakan tersebut yaitu konfirmasi, penerbitan surat peringatan dan pemeriksaan.

Baca juga : PBNU Bersama Uni Emirat Arab Sepakat Dirikan Sekolah Masa Depan

Jika tindakan tersebut tidak mendapat respon maka pihak LPDP akan melakukan proses penagihan. Sebelumnya, pihak LPDP telah menindak para alumninya sebanyak 175 orang yang kini telah kembali ke Indonesia.

Andin menambahkan bahwa kewajiban untuk kembali ke tanah air dapat memiliki keringanan berupa penundaan jika alumni tersebut melanjutkan studi program doktor.

“Penerima Beasiswa yang mendapatkan izin tertulis dari LPDP untuk penundaan kepulangan ke tanah air tidak menggugurkan kewajiban kembali ke tanah air. Kewajiban kembali ke Indonesia akan tetap dihitung sesuai dengan ketentuan masa pengabdian yang telah sepakati,” tambahnya.

Untuk meminimalisasi pelanggaran alumni tidak kembali ke Indonesia, LPDP telah menjalin kerja sama dengan Direktorat Jenderal Imigrasi guna melakukan pemantauan terhadap awardee LPDP luar negeri.

Setelah kelulusan, alumni wajib pulang ke Indonesia paling lambat dalam kurun waktu 90 hari berdasarkan tanggal kelulusan yang tertera dalam ijazah.

Reporter : Roudhotul Jannah

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini