Friday, September 30, 2022
spot_img
spot_img

Wapres Berpesan kepada Dosen PAI untuk Gaungkan Islam Moderat

Jakarta, Aktualiti.com – Indonesia memiliki berbagai agama di nusantara. Untuk menciptakan kerukunan di dalamnya perlu ditanamkan bagaimana beragama secara moderat salah satunya dalam bidang pendidikan tinggi agama Islam.

Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin memberi sambutan pada acara Pembukaan Kongres Nasional Pendidikan Agama Islam ke-5 Tahun 2022

“Dosen Pendidikan Agama Islam di perguruan tinggi umum dapat menjadi garda terdepan dalam menumbuhkan moderasi beragama yang dapat mencegah paham radikal, serta berperan memberi landasan ideologi, bekal ilmu pengetahuan yang lurus,” terang Wapres dilansir dari wapres.go.id, Kamis (11/08/2022).

Wapres berpesan kepada para dosen pendidikan agama Islam yang hadir untuk bisa beradaptasi di era teknologi ini dengan memperhatikan lima aspek.

“Pertama, tingkatkan kompetensi dan pengetahuan seluruh Dosen Pendidikan Islam sehingga pengajaran dan pendidikan agama Islam tidak tertinggal, makin berkualitas, dan relevan dengan perkembangan zaman,” ucap Wapres.

Baca juga : Wapres Ajak Ulama Jaga Lingkungan untuk Indonesia Lestari

Wapres menambahkan yang kedua yaitu memanfaatkan jaringan komunikasi dengan anak muda lewat pengasahan kemampuan.

Ketiga, Wapres berpesan supaya para dosen membangun karakter mandiri pada mahasiswa.

“Keempat, para rektor di perguruan tinggi umum hendaknya melakukan tindakan-tindakan pro aktif untuk memperkuat moderasi beragama di kampus, misalnya dengan mengarahkan pengelolaan masjid kampus yang berorientasi pada moderasi beragama,” tambah Wapres.

Terakhir, pesan Wapres adalah untuk memperkuat kerja sama antar perguruan tinggi maupun institusi dalam mengkampanyekan moderasi beragama.

Acara ini juga turut dihadiri oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Rektor Universitas Negeri Yogyakarta Sumaryanto, Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia Amirsyah Tambunan, serta Dewan Pembina dan Dewan Pakar Asosiasi Dosen Pendidikan Agama Islam.

Reporter : Roudhotul Jannah

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini