Friday, September 30, 2022
spot_img
spot_img

Waspada, Kasus Cacar Monyet Sudah Muncul di Indonesia

Jakarta, Aktualiti.com – Kasus pertama cacar monyet di Indonesia akhirnya muncul di Indonesia, dengan jumlah penduduk 270 juta lebih dan akses masuk yang banyak, temuan kasus hanya menghitung hari.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah memastikan terdapat kasus cacar monyet pertama di Indonesia. Pasien laki-laki yang terkonfirmasi penyakit cacar monyet berusia 27 tahun di Jakarta.

Pasien tersebut memiliki riwayat perjalan ke Belanda, Swiss, Belgia dan Perancis sebelum tertular. Pasien berpergian ke luar negeri terhitung sejak 22 Juli 2022 hingga kembali ke Jakarta 8 Agustus 2022. Pasien mulai merasa gejala awal cacar monyet pada Kamis (11/8/22).

Baca juga : Tak Perlu Risau, Cacar Monyet Bisa Disembuhkan Sendiri

Setelah berkonsultasi ke beberapa fasilitas kesehatan, pasien dirujuk ke rumah sakit seminggu setelahnya (18/8/22). Hasil tes Polymerase Chain Reaction (PCR) terkonfirmasi positif (19/8/22).

Menurut Juru Bicara Kemenkes Mohammad Syahril, terdapat ruam di wajah, telapak tangan, dan kaki pasien. Ia juga mengatakan, pasien dalam kondisi baik sehingga cukup melakukan isolasi mandiri, tidak perlu rawat inap.

“Saat ini pasien dalam keadaan baik, tidak sakit berat dan ada cacar atau ruam-ruam di wajah, telapak tangan, dan kaki. Pasien tidak perlu dirawat di rumah sakit, tapi cukup isolasi mandiri,” katanya.

Reporter : Dwi Kurnia

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini