Friday, October 7, 2022
spot_img
spot_img

Jokowi Gelar Kendi Nusantara, Ingin Satukan NKRI di Titik Nol

Kalimantan Timur, Aktualiti.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Gubernur dari 34 provinsi seluruh Indonesia melakukan ritual yang cukup unik pada hari Senin (14/03/2022) kemarin. Ritual tersebut adalah ritual kendi Nusantara, yaitu penyatuan tanah dan air dari seluruh Indonesia di titik nol Ibu Kota Negara baru di Kalimantan Timur (Kaltim).

Dalam sambutannya, Jokowi menjelaskan bahwa penyatuan air dan tanah ini merupakan simbol dari bentuk persatuan dan kebhinekaan bangsa Indonesia.

“Ini merupakan bentuk dari kebhinekaan dan persatuan yang kuat di antara kita dalam rangka membangun kota Nusantara ini,” jelas Jokowi saat memberi sambutan pembukaan rangkaian ritual kendi Nusantara.

Pada prosesi tersebut, setiap Gubernur membawakan air dan tanah dari masing-masing daerah. Setiap Gubernur dalam membawakan air dan tanah tersebut, menggunakan wadah yang melambangkan corak budaya masing-masing provinsi.

Air dan tanah yang dibawa setiap Gubernur, diserahkan kepada Jokowi untuk disatuan kedalam kendi yang telah disiapkan.

Jokowo juga menambahkan, ritual kendi Nusantara dimaksudkan sebagai langkah awal untuk memulai cita-cita dan pekerjaan besar.

“Kita hadir bersama-sama disini dalam rangka mempersiapkan sebuah cita-cita besar dan pekerjaan besar yang akan segera kita mulai, yaitu pembangunan Ibukota Negara baru. Yaitu, Nusantara,” tambah Jokowi.

Di akhir kesempatan, Jokowi mengingatkan tentang kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, TNI/Polri, pihak swasta dan seluruh masyarakat, akan sangat membantu mewujudkan cita-cita besar bangsa Indonesia dalam membangun Ibu Kota Negara baru.

Selain 34 Gubernur dari seluruh provinsi di Indonesia, dalam prosesi ritual tersebut turut hadir 15 tokoh masyarakat dari Kalimantan Timur.

Reporter: HSP

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini