Friday, September 30, 2022
spot_img
spot_img

Mengenal Liz Truss, Perdana Menteri Wanita Ketiga di Inggris

Jakarta, Aktualiti.com – Liz Truss resmi terpilih menjadi Perdana Menteri menggantikan Boris Johnson pada Senin (6/9/22). Ia adalah perempuan ketiga yang memenangkan jabatan tersebut setelah Margaret Thatcher dan Theresa May.

Truss (47) berhasil mendapatkan posisi Perdana Menteri Inggris setelah mengalahkan rivalnya, Rishi Sunak, dalam pemilihan internal Partai Konservatif. Truss memperoleh 81. 326 atau setara dengan 57 persen berbanding 60.399 suara yang diperoleh Sunak.

Truss memiliki jejak panjang dalam politik Inggris. Sebelumnya, wanita yang bernama lengkap Elizabeth Truss menjabat sebagai Menteri Luar Negeri ketika Boris Johson masih menjabat.

Dilansir dari laman pemerintah Inggris, Truss masuk Parlemen pada 2010, saat itu ia terpilih menjadi Anggota Parlemen Partai Konservatif yang mewakili wilayah Norfolk Barat Daya.

Setelah masuk Parlemen, lulusan Filsafat, Politik dan Ekonomi di Merton College Oxford itu kemudian diangkat sebagai Wakil Sekretaris Negara untuk Pendidikan dan Pengasuh Anak Parlemen pada 2012. Dua tahun setelahnya, Truss menjabat sebagai Sekretaris Negara untuk urusan Lingkungan, Pangan, dan Pedesaan hingga Juli 2016.

Selesai masa jabatannya, ia menjadi Kanselir dan Sekretaris Negara untuk kehakiman. Pada 2017 hingga 2019, Truss memangku jabatan sebagai Kepala Sekretaris Perbendaharaan.

Keterpilihan Truss untuk melanjutkan kepemimpinan Boris Johnson yang mengundurkan diri pada bulan Juli 2022 akibat diterpa berbagai skandal, salah satunya pelanggaran protokol Covid-19 dengan mengadakan pesta ulang tahun di kediaman resminya, padahal seluruh negeri sedang dikunci di awal masa pandemi.

Reporter : Dwi Kurnia

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini