Monday, September 26, 2022
spot_img
spot_img

6 Fraksi DPRD Layangkan Mosi Tak Percaya kepada Wali Kota Depok

Jakarta, Aktualiti.com- 38 anggota DPRD Kota Depok akan mengajukan mosi tidak percaya terhadap Wali Kota Depok, Mohammad Idris, dan Ketua DPRD Kota Depok, TM Yusufsyah Putra. Pernyataan sikap tersebut digelar di Warung Betawi Ngoempoel, Tanah Baru, Beji. Kota Depok.

Mosi tidak percaya tersebut menyikapi persoalan penyalahgunaan program Kartu Depok Sejahtera (KDS) yang dipolitisasi untuk kepentingan partai penguasa, Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Hal itu disampaikan oleh Jubir (juru bicara) 38 anggota DPRD Depok, Babai Suhaimi.

“KDS itu merupakan program Pemerintah Kota (Pemkot) Depok yang dibahas dan disetujui DPRD Kota Depok. Jadi, KDS itu bukan program partai,” ujar Babai, Senin. (9/5/2022).

Anggota DPRD yang tergabung dalam acara tersebut  menegaskan bahwa anggaran KDS itu uang negara. Karena itu harus didistibusi sebaik mungkin dan program tersebut tidak boleh di politisasi.

“Perlu kami tegaskan, anggaran yang digunakan untuk KDS itu uang negara yang berasal dari APBD Kota Depok. Bukan uang Wali Kota atau Wakil Wali Kota Depok dan bukan juga uang PKS. Jangan dipolitisasi atau KDS digunakan untuk kegiatan politik PKS,” tegas Babai.

Babai beranggapan bahwa penerima KDS tidak mengacu pada data yang sesuai kriteria. “Penerima KDS tidak mengacu pada data prasejahtera yang dimiliki Pemkot Depok. Bahkan disinyalir banyak betul kader-kader PKS yang menerima KDS.” Tambahnya.

Selain KDS, anggota DPRD Kota Depok Fraksi Gerindra, Hamzah, menyebut bahwa persoalan yang rancu tidak hanya KDS. Tetapi banyak kebijakan yang dianggap melanggar peraturan dan undang-undang (UU).

“Contoh, terkait mutasi yang kerap dilakukan tidak sesuai peraturan yang berlaku, seenaknya, suka dan tidak suka. Dalam satu bulan, seorang ASN bisa dua kali naik jabatan. Jadi, kami tegaskan bahwa seluruh anggota dewan, selain dari PKS akan melakukan mosi tidak percaya kepada Ketua DPRD Kota Depok dan Wali Kota Depok,” tegas Hamzah.

Sebagai tambahan, 38 anggota DPRD Kota Depok tersebut terdiri dari 6 fraksi kecuali PKS. Diantaranya <span;>dari PDIP, Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat, PKB, PPP, dan PSI.

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini