Tuesday, October 4, 2022
spot_img
spot_img

Catat! Pemerintah Sepakati Pemilu Serentak 14 Februari 2024

Jakarta, Aktualiti.com – Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Menteri Dalam Negeri, Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU), dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP) bersepakat untuk tetap komitmen menyelenggarakan pemilu tahun 2024 sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya.

Dilansir dari situs dpr.go.id, Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia Tandjung, menegaskan kembali bahwa hari pemungutan suara Pemilihan Umum serentak adalah Rabu, 14 Februari 2024.

“Dan hari pemungutan suara serentak nasional dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota Serentak tahun 2024 adalah Rabu, 27 November 2024,” tegas Doli di Gedung Parlemen, Senayan. Jakarta, Rabu (13/4/2022).

Doli juga mengatakan bahwa Komisi II DPR RI menekankan agar KPU RI, Bawaslu RI, dan DKPP RI, dapat menjadi penyelenggara pemilu yang berintegritas, independen, mandiri dan profesional untuk suksesnya Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024.

“Komisi II DPR RI bersama Mendagri, KPU, BAWASLU, dan DKPP RI bersepakat untuk segera melaksanakan pembahasan dan pendalaman lebih lanjut terkait dengan tahapan, program, jadwal, anggaran, dan hal-hal terkait lainnya mengenai desain dan konsep Pemilu 2024 sebelum masuknya tahapan awal Pemilu Serentak tahun 2024,” pungkasnya.

Dalam rapat kerja dan rapat dengar pendapat yang berlangsung pada hari Rabu (13/04/2022), terdapat tiga poin kesimpulan yang disepakati secara bersama.

Dengan poin penting yaitu penyelenggaraan Pemilu serentak pada 14 Februari 2024 dan Pilkada serentak yang direncanakan pada 27 November 2024.

Kesepakatan tersebut ditandatangani oleh Tito Karnavian (Mendagri), Ahmad Doli Kurnia (Ketua Komisi II DPR RI), Hasyim Asy’ari (Ketua KPU RI), Rahmat Bagja (Ketua BAWASLU RI), dan Muhammad (Ketua DKPP RI).

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini