Friday, October 7, 2022
spot_img
spot_img

Dipecat IDI, Inilah Metode Cuci Otak Eks Menkes Terawan

JAKARTA, Aktualiti.com – Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) memberhentikan Terawan Agus Putranto dalam Muktamar IDI ke-31 di Banda Aceh, pada Jumat (25/3/2022).

Eks menteri kesehatan tersebut diberhentikan karna dianggap melanggar kode etik kedokteran sejak tahun 2015 saat memperkenalkan terapi cuci otak pada tahun 2004. Sebab menurut Majelis Kehormatan Etik Kedokteran (MKEK) IDI, terapi cuci otak dokter Terawan belum teruji secara ilmiah.

Terapi cuci otak atau Digital Substraction Angiography (DSA) merupakan metode yang digunakan Terawan kepada pasien stroke untuk melancarkan peredaran darah di kepala.

Dikutip dari Wikipedia, DSA yaitu pemeriksaan yang memberikan gambaran permukaan bagian dalam pembuluh darah, termasuk arteri, vena, dan serambi jantung. Gambaran ini diperoleh dengan menggunakan mesin sinar-X terkomputerisasi yang kompleks. Media kontras khusus disuntikkan agar pasokan darah ke kaki, jantung atau organ tubuh lainnya dapat di lihat dengan mudah.

Dilansir dari 1, selain untuk mendapat gambaran pada pembuluh darah, dokter Terawan juga menggunakan metode DSA untuk memberikan terapi kelainan pembuluh darah pada otak dengan cara menyemprotkan heparin ke dalam pembuluh darah.

Menyemprotkan heparin ke dalam pembuluh darah berfungsi untuk mencegah dan mengurangi risiko penggumpalan darah. Setelah itu, pembuluh darah pada otak akan diberikan alat tambahan untuk menunjang proses terapi cuci otak tersebut. Menurut dokter Terawan, metode ini dapat meningkatkan aliran darah dalam otak sebesar 20% dalam jangka waktu 73 hari.

Dokter Terawan membantah saat IDI mengatakan bahwa metode cuci otaknya belum teruji secara ilmiah, ia menjelaskan bahwa, “DSA sudah saya disertasikan di Universitas Hasanudin. Artinya, kalau diuji secara ilmiah, sudah dilakukan melalui disertasi. Disertasi sebuah universitas yang sangat terpandang menurut saya harus dihargai”, pungkasnya dalam konferensi pers di RSPAD Gatot Soebroto pada Rabu (4/4/2018) silam.

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini