Friday, September 30, 2022
spot_img
spot_img

Dua LSM Laporkan Mendag Zulkifli Hasan ke Bawaslu soal Bagi-bagi Minyak Goreng

Jakarta, Aktualiti.com – Dua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) secara resmi melaporkan Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pada Selasa (19/07) tadi.

Kata Rakyat dan Lima Indonesia sebagai pelapor memaknai adanya dugaan praktik kampanye dengan fasilitas Negara serta dugaan kampanye diluar jadwal yang telah ditentukan penyelenggara Pemilu oleh Zulkifli Hasan.

Zulkifli Hasan sebagai Mendag sekaligus Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) terlibat dalam aktivitas pasar murah yang diselenggarakan oleh PAN di Lampung pada Sabtu, 9 Juli 2022 lalu.

“Berdasarkan rekaman video yang beredar, aktivitas bagi-bagi minyak goreng tersebut disertai dengan ajakan memiliki saudari Futri Zulya Safitri yang sekaligus disertai janji untuk mendapatkan kembali pembagian minyak goreng dalam dua bulan ke depan,” ujar Alwan Ola Riantoby, selaku Direktur Kata Rakyat.

Lebih jauh, dalam keterangan pers yang diterima oleh Aktualiti, Kata Rakyat dan Lima Indonesia memaknai kejadian tersebut sebagai kampanye untuk memilih seseorang sekaligus praktek politik uang dengan pembagian minyak gratis, dan janji akan dilakukan pada dua bulan lagi.

“Kami meminta Bawaslu segera memeriksa aktivitas Bapak Zulkifli Hasan di Lampung (9 Juli 2022) terkait dengan dugaan adanya pelanggaran kampanye diluar jadwal yang melanggar pasal 276 Ayat 2 dan Pasal 492 UU No 7 Tahun 2017,”

“Selain itu adanya dugaan pelanggaran pasal 280 Ayat 1, dan Pasal 281 ayat 1 kampanye menggunakan fasilitas negara dan kampanye menggunakan fasilitas jabatannya,” papar Alwan dalam keterangan persnya.

Meski belum secara resmi memasuki masa kampanye, Kata Rakyat dan Lima Indonesia menjelaskan bahwa PAN adalah partai politik yang memiliki kans besar untuk tetap ikut sebagai peserta Pemilu.

Karena merujuk pada ketentan, partai yang lolos parliamantary threshold hanya cukup mendaftarkan ulang kesertaannya tanpa harus mengikuti verifikasi secara faktual.

“Artinya hampir 90% PAN akan kembali menjadi salah satu peserta Pemilu 2024 yang akan datang,”

Dalam konferensi pers yang dilakukan oleh Kata Rakyat dan Lima Indonesia tersebut secara terbuka dihadiri oleh berbagai media.

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini