Friday, October 7, 2022
spot_img
spot_img

Ini 4 Tuntutan PMII dalam Aksi Tolak Kenaikan Harga BBM

Jakarta, Aktualiti.com – Inilah Empat (4) tuntutan mahasiswa dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) dalam unjuk rasa penolakan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di depan Istana Negara pada Senin, 5 September 2022.

Tuntutan tersebut muncul setelah Pemerintah Republik Indonesia (RI) melakukan pengalihan subsidi BBM dengan cara menaikkan harga.

Dilansir dari keterangan resmi yang diterbitkan Pengurus Besar (PB) PMII, kenaikan harga BBM tersebut dipandang dapat mengganggu proses pemulihan ekonomi pasca Covid-19 antara lain peningkatan konsumsi nasional, stabilitas ekonomi, dan ekspansi moneter.

Kenaikan harga BBM juga dinilai akan berdampak buruk bagi masyarakat menengah ke bawah dengan berakibat pada naiknya harga-harga kebutuhan pokok yang puncaknya adalah peningkatan inflasi serta berpotensi pada penambahan angka kemiskinan pada masyarakat.

PMII berpandangan, lebih baik Pemerintah fokus memberantas penyalahgunaan penerima manfaat BBM subsidi.

Sebagaimana diketahui, dalam keterangan resmi yang disampaikan Presiden Jokowi bersama keempat menterinya antara lain, Menteri ESDM Arifin Tasrif, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Sosial Tri Rismaharini, serta Menteri Sekretaris Negara Pratikno melalui kanal you tube Sekretariat Presiden menjelaskan, “Lebih dari 70 persen subsidi justru dinikmati oleh kelompok masyarakat yang mampu, yaitu pemilik mobil-mobil pribadi,” ujarnya dikutip pada Senin 5 September 2022.

Oleh karena itu, merespon persoalan di atas, merujuk pada keterangan resmi PMII ada empat (4) yang menjadi tuntutan PMII, antara lain:

1. Menolak secara tegas kebijakan kenaikan harga BBM bersubsidi.
2. Mendesak pemerintah untuk secara serius dan sungguh-sungguh memberantas mafia Bahan Bakar Minyak (mafia BBM).
3. Mendesak pemerintah untuk segera menerapkan kebijakan subsidi tepat sasaran.
4. Mendorong pemerintah untuk membuka keterlibatan masyarakat dalam pelaksanaan penyaluran BBM bersubsidi.

Reporter: Dani Az

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini