Tuesday, October 4, 2022
spot_img
spot_img

Kata Rakyat: Politik Uang Merupakan Kejahatan Besar!

Jakarta, Aktualiti.com – Kata Rakyat bersama Lima Indonesia secara resmi melaporkan Zulkifli Hasan ke Bawaslu terkait praktik politik uang yang dilakukan oleh Mendag pada kegiatan pasar murah di Lampung, 9 Juli 2022 lalu.

Kata Rakyat mengindikasi bahwa apa yang dilakukan oleh Mendag Zulkifli Hasan termasuk salah satu bentuk praktik politik uang.

“Politik uang merupakan suatu kejahatan besar dalam proses Pemilu,” tegas Alwan Ola Riantoby, selaku Direktur Kata Rakyat.

Hal tersebut dilihat berdasarkan rekaman video yang beredar, terkait aktivitas pembagian minyak goreng disertai dengan ajakan memilih Futri Zulya Savitri, yang tidak lain adalah putri dari Zulkifli Hasan.

Kata Rakyat bersandar pada aturan yang tertuang dalam konstitusi yakni UU No 7/2017, pasal 280 ayat (1) dinyatakan bahwa pejabat Negara (Menteri, dsb) yang sedang kampanye dilarang menggunakan fasilitas pemerintah, dan pasal 281 ayat (1) menyatakan dilarang menggunakan fasilitas jabatannya.

Sementara dalam pasal 280 ayat (1) dinyatakan larangan menjanjikan atau memberikan uang atau materi lainnya kepada peserta kampanye Pemilu.

“Bahwa politik uang merupakan salah satu kejahatan besar Pemilu, maka pola mendekati dan mengawasinya tidak lagi bisa dilakukan dengan cara-cara konvensional dan formal,”

“Apalagi semata hanya karena alasan tahapan Pemilu belum dilaksanakan,” pungkas Alwan.

Laporan terhadap Mendag Zulkifli Hasan secara resmi disampaikan oleh Kata Rakyat dan Lima Indonesia kepada Bawaslu pada Selasa (19/07) tadi bertempat di Kantor Bawaslu RI, Jakarta.

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini