Thursday, September 29, 2022
spot_img
spot_img

Kepala BIN Sulteng Jadi PJ Bupati, Pengamat: Melanggar Etika dan Hukum

Jakarta, Aktualiti.com – Penunjukan Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) Sulteng, Brigjen TNI Andi Chandra As’aduddin sebagai PJ Bupati Seram Bagian Barat, Maluku, menampung sejumlah kritik.

Andi ditunjuk menggantikan Timotius Akerina yang telah habis masa jabatannya. Hal itu termaktub dalam Kepmendagri Nomor 113. 81- 1164 Tahun 2022 tentang pengangkatan PJ Bupati Seram Bagian Barat.

Pengamat Militer, Beni Sukadis, menilai ada 3 hal yang menjadi polemik penunjukan Brigjen TNI Andi Chandra sebagai PJ Bupati Seram Bagian Barat.

“Pertama melanggar kode etik TNI, karena Andi masih menjadi prajurit aktif,” terang Beni kepada Aktualiti.com dalam keterangan via telpon, Senin (30/5/2022).

Beni berpendapat bahwa seorang prajurit aktif tidak boleh menduduki jabatab politis, diantaranya menjadi kepala daerah.

“Banyak aturan yang dilanggar, diantaranya UU Nomor 34 Tahun 2004. Tidak ada satupun (klausul) yang mengatakan bahwa prajurit aktif bisa menjadi pejabat,” ujarnya.

Kemudian yang kedua, Beni menilai bahwa penunjukan Andi sebagai PJ Bupati melanggar putusan MK Nomor 15 Tahun 2022.

“Dalam putusan MK Nomor 15 Tahun 2022, disini dikatakan tidak bisa prajurit aktif ditempatkan, mendapatkan jabatan sipil,” ujar Beni.

“Jalan keluarnya dia harus mengundurkan diri terlebih dahulu,” tambahnya.

Menurut Beni, Tito selaku Mendagri seharusnya tidak boleh mengangkat prajurit aktif apalagi dari unsur BIN. Ia menerangkan bahwa BIN itu punya Grand Design dan pelaksanaan kerja yang bersifat rahasia.

Terakhir, ia berpendapat baiknya PJ Bupati diisi oleh putera daerah atau pejabat setempat. Hal itu dikarenakan pertimbangan tentang pemahaman teritorial dan kondisi objektif daerah tersebut.

“Bupati ini kan sangat lokal ya, berbeda dengan Gubernur. Jadi seharusnya yang menjadi PJ Bupati ini baiknya putra daerah atau pejabat setempat yang mengetahui kondisi daerahnya,” pungkasnya.

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini