Thursday, September 29, 2022
spot_img
spot_img

Masyarakat Riau Gelar Demo, Tuntut Pemerintah Tindak Tegas PT. SIPP

JAKARTA, Aktualiti.com – Puluhan masyarakat dan mahasiswa menggelar aksi demonstrasi di depan gedung Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK RI), Rabu (30/3/2022).

Massa aksi yang tergabung di Aliansi Masyarakat dan Mahasiswa Peduli Lingkungan Riau (AMMPLR) meminta KLHK RI untuk menutup operasional kegiatan perusahaan kelapa sawit, PT. Sawit Inti Prima Perkasa (SIPP) di Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau.

“PT. SIPP ini diduga tidak mempunyai Izin Pengelolaan Air Limbah (IPAL) dan Izin Usaha Industri (IUI) dan perusahaan itu sering berkonflik dengan masyarakat sekitar dikarenakan dugaan pencemaran lingkungan,” ucap Koordinasi Lapangan (Korlap) aksi demonstrasi, Riswan Siahaan, saat diminta keterangan oleh Aktualiti.

Riswan menambahkan pada Sabtu (3/10/2020) kolam limbah PT. SIPP jebol dan mengakibatkan kebun masyarakat dan sungai tercemar. Ada dugaan limbah dibuang juga secara bypass ke sungai. Pada Selasa (2/2/2021) kolam limbah PT. SIPP kembali jebol saat permasalahan sebelumnya belum terselesaikan.

Menurut salah satu massa aksi sekaligus masyarakat yang terdampak, Martinah saat diwawancara oleh Aktualiti, masyarakat sebenarnya sudah pernah mengajak berunding. Namun dari PT. SIPP tidak ada tanggapan yang baik.

“Masyarakat sebenarnya sudah pernah mengajak berunding terkait pencemaran limbah. Namun, PT. SIPP tidak menghiraukan dan tidak ada tanggapan sama sekali. Dengan adanya dampak limbah dan pencemaran udara kami takutnya kehidupan anak cucu kami terancam,” ucap Martinah.

Massa aksi juga meminta KLHK RI untuk tidak takut dalam penegakkan hukum kejahatan lingkungan dan tidak mudah diintervensi pihak manapun sekaligus meminta KLHK RI untuk memproses dugaan tindak pidana kejahatan lingkungan yang dilakukan oleh PT. SIPP baik secara perorangan maupun korporasi.

Reporter : Rais

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini