Saturday, October 1, 2022
spot_img
spot_img

Mendagri Sambut Baik Putusan Masa Kampanye Menjadi 75 Hari

Jakarta, Aktualiti.com – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyepakati masa kampanye pemilu 2024 menjadi 75 hari. Durasi tersebut lebih pendek dibanding pemilu sebelumnya yaitu enam bulan.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, menyambut baik kesepakatan masa kampanye pemilu 2024. Hal itu ia sampaikan saat berada di Komplels Parlemen, Senayan, Jakarta, pada Selasa (07/06/2022).

“Terkait masa kampanye, dari KPU mengajukan awalnya 6 bulan, kemudian kita dari pemerintah mengusulkan 90 hari dengan pertimbangan keterbelahan masyarakat tidak terlalu lama,” kata Tito kepada wartawan.

“Memang namanya kampanye ini bagian dari demokrasi dan demokrasi itu masyarakat dibebaskan pada pilihan-pilihan masing-masing,” tambahnya

Sambutan baik Mendagri itu berdasarkan teori keamanan. Menurutnya, dalam teori keamanan, semakin pendek durasi semakin mengurangi potensi konflik.

“Dalam ilmu security (keamanan) apa pun bentuknya ketika terjadi perbedaan itu pasti akan terjadi potensi konflik dan kita sudah merasakan di pemilu-pemilu sebelumnya, kasihan masyarakat kalau terlibat terlalu lama,” tuturnya.

Terkait masa kampanye yang cukup singkat itu, Tito beranggapan bahwa kampanye pemilu bisa dimaksimalkan dalam bentuk lain. Terutama pemanfaatan teknologi digital, sehingga bisa melakukan proses kampanye melalui media sosial.

Sebagai informasi, Durasi 75 hari ini merupakan usulan Komisi II DPR yang disetujui oleh KPU dan pemerintah menyambut baik itu.

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini