Monday, September 26, 2022
spot_img
spot_img

Wapres Tidak Hadiri Pelantikan Anggota KPU & Bawaslu 2022–2027

Jakarta, Aktualiti.com – Presiden Jokowi resmi melantik anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) masa khidmat 2022 – 2027 di Istana Negara, Jakarta, Selasa, 12 April 2022.

Pengambilan sumpah jabatan anggota KPU dan Bawaslu langsung dipimpin oleh Presiden Jokowi (Jokowi). Anggota KPU dan Bawaslu masing-masing berjumlah 7 dan 5 orang.

Tujuh orang anggota KPU periode 2022-2027 yang dilantik Jokowi adalah Betty Epsilon Idroos, Hasyim Asy’ari, Mochammad Afifuddin, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, Idham Holik, dan August Mellaz.

Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 33 P tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Walaupun pandemi Covid-19 sudah mulai mereda, namun prosesi pelantikan tetap memenuhi protokol kesehatan yang ketat.

KPU dan Bawaslu mengucapkan sumpah untuk memenuhi tugas dan kewajiban dengan sebaik-baiknya sesuai dengan peraturan perundang-undangan dengan berpedoman pada Pancasila dan UUD 1945.

“Bahwa saya, dalam menjalankan tugas dan wewenang akan bekerja dengan sungguh-sungguh, jujur adil dan cermat demi suksesnya pemilihan umum anggota dewan perwakilan rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Presiden dan Wakil Presiden, serta Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD),” ucap Jokowi dalam membacakan ikrar yang diikuti oleh anggota KPU dan anggota Bawaslu baru tersebut.

“Tegaknya demokrasi dan keadilan serta mengutamakan kepentingan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) daripada kepentingan pribadi atau golongan,” lanjut ikrar pelantikan yang dibacakan Bapak Presiden kemudian diikuti oleh anggota KPU dan anggota Bawaslu baru tersebut.

Setelah mengucapkan sumpah Presiden mengucapkan selamat dengan memberi salam kepada semua anggota KPU dan Bawaslu secara bergantian.

Menariknya dalam proses pelantikan Wakil Presiden terlihat tidak hadir, hal tersebut ditunjukkan dengan Menkopolhukam yang ikut memberikan selamat setelah Presiden yang kemudian diikuti oleh jajaran pejabat yang hadir dalam agenda tersebut.

Berbeda dengan proses pelantikan KPU tahu  2017, dilansir dari chanel You Tube KPU RI pada 11 April 2017 lalu Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden Yusuf Kalla.

Terlihat dalam tayangan 2017 lalu, Wakil Presiden Yusuf Kalla bersebelahan dengan Zulkifli Hasan yang kala itu menjabat sebagai Ketua MPR RI.

Penulis: Dani Azkiyak

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini