Tuesday, October 4, 2022
spot_img
spot_img

Wasekjen PBNU: Hubungan NU-PKB Sebenarnya Tidak Ada Masalah, Biasa-Biasa Saja

Jakarta, Aktualiti.com – Isu merenggangnya hubungan PBNU dan PKB selepas Muktamar mencuat, bahkan belakangan ini di media-media mainstream santer memberitakan isu merenggangnya hubungan PBNU dan PKB.

Namun hal tersebut dibantah secara tegas oleh PBNU. Dalam wawancaranya bersama CNN Indonesia pada Selasa, 24 Maret 2024  Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PBNU Rahmat Hidayat Pulungan mengungkapkan bahwa hubungan PBNU dengan PKB tidak ada masalah, tidak memanas atau panas dingin seperti yang disampaikan banyak pengamat.

Rahmat Hidayat juga menjelaskan terkait mandat NU yang cukup jelas, yaitu dakwah dan pendidikan. Bagi NU, politik hanyalah alat perjuangan, yang namanya politik sebagai alat itu bisa berubah-ubah tergantung medan perjuangannya.

“Artinya apa, hubungan NU dan PKB sebenarnya tidak ada masalah, biasa-biasa saja, selama PKB masih menjalankan mandatnya, bisa mengelola aspirasi dan kepentingan politik warga NU harusnya tenang-tenang saja, tidak usah saling serang. Kita sama-sama saling menghargai saja,” Rahmat melanjutkan keterangannya.

Bahkan ketika ditanya apakah PBNU khususnya Gus Yahya merasa tersinggung dengan pernyataanya Muhaimin Iskandar, Ketua Umum PKB saat wawancara khusus dengan CNN Indonesia  menyatakan bahwa 13 juta suara PKB itu tidak ada pengaruhnya dengan Ketua Umum PBNU Gus Yahya, Rahmat menjawab dengan tegas, “Gus Yahya ini kiai, jadi yang namanya kiai ya biasa-biasa saja.”

Namun, perlu diketahui juga akhir-akhir ini banyak tokoh yang disebut-sebut di dalam survei sebagai kandidat calon presiden sudah pernah sowan kepada Ketua Umum PBNU Gus Yahya, di antaranya adalah Meneg BUMN Erick Thohir dan Menko Perekonomian Airlangga Hartanto.

Saat ditanya apakah Cak Imin pernah datang ke kantor PBNU setelah mendeklarasikan diri sebagai calon presiden, Rahmat mengatakan sejauh ini belum pernah. “Kantor PBNU ini bukan 24 jam, siapapun bisa datang,” ujarnya.

Reporter: Dani Azkiyak

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini